Jakarta (ANTARA News) - Rangkaian touring gowes Jakarta - Jepara sejauh 605 Km oleh sepuluh pesepeda wanita yang tergabung dalam tim Srikandi Bike to Work (B2W), dilaporkan sudah menyelesaikan etape keempatnya  yaitu Cirebon - Pekalongan berjarak tempuh 136 Km pada Minggu (17/4).

Menurut keterangan laman komunitas B2W Indonesia, etape kali ini dimulai dengan berangkat dari kota Cirebon pukul 6.30 wib untuk menuju titik akhir di kota Pekalongan. Sebelumnya Kesepuluh anggota tim Srikandi B2W melakukan istirahat selama 1 hari di Cirebon untuk mengembalikan stamina agar pulih total dan siap melahap medan di etape ini.

Etape 4 merupakan etape terpanjang dalam perjalanan Tim Srikandi, jarak tempuh total adalah 136 Km dalam kondisi lalulintas jalan raya pantura yang terkenal padat. Pada etape ini tim Srikandi menempuh perjalanan dengan suhu udara yang cukup panas di kisaran 31 derajat Celcius namun kondisi medan lintasan yang relatif rata tidak begitu menyulitkan, Tim Srikandi lebih mengkhawatirkan kondisi lalulintas yang padat dan kualitas permukaan jalan yang akan dilalui.

Perjalanan melahap etape 4 kali ini juga diwarnai oleh beberapa kendala seperti kondisi lalu lintas yang padat karena bertepatan dengan akhir pekan, cuaca yang panas,dan problem pada sepeda, namun tanpa di duga sebelumnya tim Srikandi B2W kali ini juga mendapat dukungan dari arjuna-arjuna B2W Ranger yang mengawal mulai dari kota Cirebon yang ikut bergabung bersama, dukungan tersebut menjadi suplemen menambah semangat para Srikandi, bantuan dari dinas perhubungan dan pihak polantas juga memberikan rasa aman bagi tim srikandi.

Kendala yang seketika sirna karena dukungan luar biasa dari rekan-rekan pesepeda di kota Cirebon yang memberikan sambutan begitu meriah serta bersama-sama mengantar Tim Srikandi B2W sampai batas kota, yang dilakukan oleh B2W Cirebon, Kosti Cirebon, dan rekan-rekan pesepeda fixie gear.

Memasuki perbatasan kota Brebes Tim  Srikandi B2W sudah disambut oleh rekan-rekan pesepeda di Kota Brebes seperti Kosti Brebes dan komunitas sepeda yang ada, mereka akan bergabung bersama komunitas sepeda dari kota Tegal dan Batang menuju kota  Pekalongan. Kemeriahan sambutan dan dukungan kepada tim Srikandi B2W menjadikan kendala cuaca yang panas, problem pada sepeda, lalu lintas yang padat bukan kendala yang berarti.

Dukungan tim logistik pada tim  Srikandi B2W bagaikan operasi logistik pada lomba-lomba balap sepeda dimana kali ini tim logistik melakukan pembagian suplai dengan kondisi pesepeda masih berjalan di lintasan dan tim logistik mengiringi pesepeda, hal ini bukan suatu yang mudah dilakukan tanpa latihan sebelumnya.

Dalam perjalanan ini tim Srikandi B2W masih sempat saling bersenda gurau bahkan beberapa kali saling unjuk kekuatan stamina dengan silih berganti posisi di paling depan rombongan. Hal ini merupakan sesuatu yang luar biasa karena sebelumnya masing-masing dari mereka tidak begitu mengenal secara dekat, kedekatan mereka timbul saat melebur bergabung menjadi sebuah tim.

Tim Srikandi B2W beserta rombongan pengiring dan pengawal akhirnya berhasil memasuki kota Pekalongan tepat pada pukul 16.35 WIB tanpa kurang suatu apapun, meskipun saat sebelum keberangkatan hampir seluruh peserta mengalami kekhawatiran pada kondisi lintasan, dibuktikan pada saat melakukan cek kesehatan tekanan darah mengalami kenaikan sedikit. Kedatangan Tim 10 Srikandi B2W disambut dengan meriah oleh seluruh komunitas sepeda yang ada di Pekalongan.

Selain itu terlihat pula beberapa rekan-rekan pers yang melakukan peliputan dimana mereka sudah bersiap sebelumnya.

Total jarak tempuh yang di capai adalah 136 Km dan kecepatan rata-rata di pertahankan 22 Km/jam sedangkan waktu tempuh adalah 7 jam.Selanjutnya tim Srikandi B2W  akan melahap Etape ke 5 yang akan menempuh jarak 100 Km dan rute dengan variasi tanjakan guna menyelesaikan rangkaian touring gowes Jakarta-Jepara sejauh 605 km.
(yud)

Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011