Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menyebutkan rangkaian balap internasional yang digelar di Indonesia, mulai dari Superbike, MotoGP hingga Formula E (Jakarta E-Prix) menunjukkan Indonesia siap bangkit dari pandemi.

"Kita baru saja menyelesaikan tahap pertama 'event' internasional WSBK di Mandalika yang berlangsung sukses dan dilihat 1,5 miliar mata dunia melalui siaran acara tersebut," kata Bamsoet dalam video dari Pemprov DKI Jakarta yang dibagikan pada Kamis malam.

Tahun depan di Indonesia akan ada dua kegiatan besar. Pertama, Formula E dan kedua MotoGP yang dua-duanya menyedot perhatian dunia. "Ini artinya Indonesia sangat siap bangkit (recovery)," katanya. 

Menurut Bambang yang juga Ketua MPR, dengan adanya balap internasional termasuk Formula E tahun 2022, akan menggerakkan perekonomian nasional dengan efek lanjutan di dalamnya.

"Melalui dua kegiatan besar internasional yang kita lakukan, mampu mengundang banyak turis dan mendorong percepatan 'recovery' ekonomi kita," katanya.

Baca juga: Bamsoet-Ahmad Sahroni pimpin pelaksanaan balap Formula E
Baca juga: IMI yakin kegiatan balap Mandalika berdampak positif bagi ekonomi


Sekjen IMI Ahmad Sahroni mengemukakan, balap internasional termasuk Formula E merupakan langkah yang baik bagi Indonesia karena berkaitan dengan ekonomi yang cukup hebat di masa depan.

"Kita persiapkan sebaiknya karena ini akan memperlihatkan pada dunia bahwa Indonesia adalah Indonesia yang hebat ke depannya," ujar dia.

Bambang Soesatyo (Bamsoet) dan Ahmad Sahroni ditunjuk oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui BUMD PT Jakarta Propertindo (Jakpro) untuk memimpin pelaksanaan balap Formula E atau Jakarta E-Prix.

Dalam keputusan yang diungkapkan Anies setelah pertemuannya dengan Co-founder Formula E Alberto Longo, Direktur Utama PT Jakpro Widi Amanasto, Bambang Soesatyo dan Ahmad Sahroni di sebuah rumah makan di daerah Menteng, Rabu (24/11), Sahroni menjadi ketua pelaksana (organizing committee), sedangkan Bamsoet menjadi ketua panitia pengarah (steering committee).

Terkait lokasi sirkuit dan penyelenggaraan Formula E, nantinya ditentukan bersama antara FEO, IMI dan Jakpro.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021