Kabupaten Jepara sediakan layanan vaksinasi COVID-19 "drive thru"

Kabupaten Jepara sediakan layanan vaksinasi COVID-19

Vaksinasi COVID-19 "drive thru" (drive through) di kawasan Objek Wisata yang memudahkan masyarakat karena tanpa turun dari kendaraan sudah bisa divaksin Jepara Ourland Park (JOP) Desa Mororejo, Kecamatan Mlonggo, Jepara, Senin (29/11)/2021). ANTARA/HO-Humas Pemkab Jepara/am.

Jepara (ANTARA) - Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, terus menggenjot capaian vaksinasi COVID-19, salah satunya dengan menyediakan layanan vaksinasi "drive thru" yang memudahkan masyarakat karena tanpa turun dari kendaraan sudah bisa divaksin.

Menurut Direktur E Badan Intelijen Strategis (Bais) TNI Brigjen TNI Rudy Rachmat Nugraha di Jepara, Senin, tujuan vaksinasi "drive thru" di objek wisata Jepara Ourland Park (JOP) Desa Mororejo, Kecamatan Mlonggo, Jepara pada Senin ini untuk mendukung program pemerintah dalam percepatan pemberian vaksinasi COVID-19 khususnya di Kabupaten Jepara.

"Hal ini agar segera terbentuk herd immunity (kekebalan kelompok) di masyarakat," ujarnya.

Dengan kemudahan tersebut, diharapkan semua masyarakat Jepara bisa mendapatkan vaksinasi karena untuk layanan tersebut tersedia 5.000 dosis dan masih memungkinkan ditambah lagi jika kebutuhannya bertambah.

Pemilik Jepara Ourland Park Aan Praja mengaku sangat mendukung penuh program pemerintah untuk memberikan pelayanan vaksinasi kepada masyarakat dan bersama-sama bisa mencapai target yang telah ditetapkan.

Baca juga: Pasien COVID-19 di Kabupaten Jepara tersisa lima orang

Baca juga: Angka kematian akibat COVID-19 di Jepara turun


Vaksinasi tanpa harus turun dari kendaraan, ternyata sangat diminati masyarakat karena lebih mudah, cepat, serta menghindari adanya kerumunan. Karena mereka dapat melakukan suntik vaksin sambil tetap duduk di dalam mobil atau kendaraan mereka.

Layanan vaksinasi drive thru ini dilaksanakan selama dua hari, yakni Senin dan Selasa (30/11) di kawasan wisata Jepara Ourland Park (JOP).

Berbeda dengan pelaksanaan vaksinasi konvensional biasanya mewajibkan masyarakat mendaftar melalui Google Form beberapa hari sebelum kegiatan. Namun untuk layanan "drive thru" ini, peserta dapat datang secara langsung untuk mendaftar di lokasi pelaksanaan dengan cukup membawa KTP atau Kartu Keluarga (KK).

Sementara bagi mereka yang mendaftar secara daring dan menentukan hari kedatangannya bisa datang langsung ke lokasi dengan menyerahkan fotokopy KTP untuk diverifikasi serta mengisi lembar screening.

Irawati, salah satu warga mengaku senang bisa vaksin tanpa harus antre dan tanpa harus turun dari kendaraan karena langsung divaksin.

Meskipun demikian, peserta vaksin dilakukan pemeriksaan dasar seperti cek suhu, tekanan darah serta diberikan beberapa tambahan pertanyaan dari petugas baru disuntik. 

Baca juga: Seluruh objek wisata di Kabupaten Jepara ditutup

Baca juga: Untuk memastikan, bayi baru lahir di Jepara ikut tes "swab" COVID-19
Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021