Universitas Negeri Padang kukuhkan 11 guru besar Januari-November 2021

Universitas Negeri Padang kukuhkan 11 guru besar Januari-November 2021

Rektor UNP Prof Ganefri, Ph.D (kiri) mengukuhkan tiga orang guru besar di Padang, Senin. (Antarasumbar/Mutiara Ramadhani)

Padang (ANTARA) - Universitas Negeri Padang (UNP) mengukuhkan tiga orang guru besar pada Senin ini sehingga selama Januari hingga akhir November 2021, perguruan tinggi itu sudah mengukuhkan 11 guru besar.

"Tahun ini adalah tahun yang paling banyak, sudah 11 yang disetujui dan dikukuhkan. Insya Allah masih ada tiga lagi yang akan disetujui sehingga ada 14 jumlahnya tahun 2021 ini," kata Rektor UNP Prof Ganefri, Ph.D di Padang, Sumatera Barat, Senin.

Ia mengatakan secara keseluruhan UNP telah memiliki 73 guru besar aktif dan dalam tiga tahun ke depan UNP menargetkan minimal bisa menghasilkan 100 guru besar.

Baca juga: KI Pusat serahkan sertifikat penghargaan PTN Informatif pada UNP

Adapun ketiga orang guru besar tersebut berasal dari 3 fakultas, yaitu Fakultas Pariwisata dan Perhotelan yakni Prof Asmar Yulastri, Ph.D,.

Kemudian, dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, yakni Prof Dr Indang Dewata, dan dari Fakultas Ilmu pendidikan Prof Dr Marlina.

Rektor menyampaikan pengukuhan guru besar hari ini, memberikan makna positif dan penguatan bagi lembaga, dalam menapaki jalan menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) dengan disahkan oleh Presiden RI melalui PP tentang Statuta PTNBH UNP.

Baca juga: UNP gelar Pra-Musyawarah Nasional Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia

"Alhamdulillah Presiden RI telah menyetujui UNP menjadi PTNBH pada Kamis lalu, dan pada 2022 kami akan menampakkan diri sebagai PTNBH. Ini sebagai langkah maju UNP untuk melakukan akselerasi dalam pengembangan inovasi bidang pengetahuan," ucapnya.

UNP juga akan terus menggerakkan kerja sama internasional. Tahun ini UNP sudah memiliki 16 sertifikat akreditasi internasional dan pada Desember akan ada 4 program studi lagi yang mendapat akreditasi internasional.

Rektor mengatakan pengukuhan guru besar ini, juga memberikan kontribusi untuk pencapaian Indikator Kinerja Utama UNP serta memberi nilai tambah untuk konversi akreditasi UNP menjadi Perguruan Tinggi Unggul di tahun ini.

Baca juga: UNP juara umum MTQM PTN Kemendikbudristek 2021

Melalui kegiatan pengukuhan guru besar diharapkan dapat menggugah sekitar 400 doktor UNP dengan jabatan fungsional Lektor Kepala untuk terus berusaha keras, melengkapi syarat administrasi menuju jabatan fungsional guru besar.

"UNP selalu memfasilitasinya melalui hibah penelitian dan pendampingan penulisan artikel jurnal bereputasi internasional. Mari kita doakan semoga tercapai keinginan tersebut, amiin," ucap Rektor UNP.

Baca juga: Dirjen GTK sampaikan pesan UNP segera menjadi PTN-BH

Sementara salah satu guru besar yang baru dikukuhkan hari ini yakni Prof Asmar Yulastri, Ph.D menyampaikan dengan dikukuhkan dirinya sebagai guru besar pertama di bidang Pendidikan Kewirausahaan, hal ini akan menjadi tanggung jawab moral baginya.

"Saya akan menjadikan mahasiswa UNP semakin banyak yang berwirausaha ataupun memiliki lulusan yang berjiwa entrepreneur dan memiliki kemandirian,"ucapnya.

Baca juga: UNP-MIPA LPTK Indonesia gelar MTQ tingkatkan penghayatan pada Alquran

 
Pewarta : Laila Syafarud
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021