Penilaian Omicron yang kurang mengerikan telah memungkinkan (indeks dolar) untuk memulihkan sebagian penurunannya," tetapi "pemantulan yang agak mengecewakan di pasar global menunjukkan bahwa masih ada tingkat kekhawatiran yang tinggi tentang varian
Sydney (ANTARA) - Dolar melayang di atas level terendah satu minggu terhadap mata uang utama yang dicapai pekan lalu di perdagangan Asia pada Selasa pagi, karena meredanya kekhawatiran bahwa varian baru virus corona Omicron akan menggagalkan pemulihan AS dan menunda kenaikan suku bunga Federal Reserve.

Mata uang safe-haven yen stabil sekitar setengah persen dari level terkuatnya sejak 11 November, yang dicapai pada Senin (29/11). Euro berkelok-kelok sekitar sepertiga persen di bawah tertinggi satu minggu Senin (29/11).

Dolar Australia yang sensitif terhadap risiko melayang sekitar 0,4 persen dari level terendah tiga bulan.

Pedagang merasa terhibur dengan pernyataan Presiden Joe Biden bahwa Amerika Serikat tidak akan memberlakukan kembali penguncian, serta komentar dokter Afrika Selatan bahwa jenis baru menyebabkan gejala yang lebih ringan.

Dalam kesaksian yang disiapkan untuk Kongres pada Selasa malam, Ketua Fed Jerome Powell mengatakan Omicron dapat menyebabkan tekanan inflasi bertahan lebih lama.

Itu berpotensi mempercepat perlunya kenaikan suku bunga, sedangkan pedagang pada awalnya bereaksi terhadap penemuan Omicron dengan mendorong kembali spekulasi untuk pengetatan Fed karena risiko terhadap pertumbuhan.

Pasar uang saat ini melihat peluang bagus untuk kenaikan suku bunga pertama pada Juli, tetapi belum sepenuhnya diperkirakan sampai September.

Pada saat yang sama, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan risiko "sangat tinggi" dari lonjakan infeksi dari Omicron, dan negara-negara di seluruh dunia telah bereaksi dengan cepat untuk memperketat kontrol perbatasan.

"Penilaian Omicron yang kurang mengerikan telah memungkinkan (indeks dolar) untuk memulihkan sebagian penurunannya," tetapi "pemantulan yang agak mengecewakan di pasar global menunjukkan bahwa masih ada tingkat kekhawatiran yang tinggi tentang varian Omicron," tulis ahli strategi Westpac dalam sebuah catatan penelitian.

Penguatan ekonomi AS yang berkelanjutan akan mendukung greenback, para ahli memperkirakan, sementara Aussie terus terlihat lemah dan penembusan di bawah 0,7106 dolar AS "sepertinya hanya masalah waktu."

Indeks dolar, yang mengukur mata uang AS terhadap enam rival utama, terakhir diperdagangkan pada 96,203, naik dari terendah 95,973 pada Jumat (26/11), ketika mengalami penurunan satu hari terbesar sejak Mei.

Greenback bertambah 0,24 persen menjadi 113,80 yen, setelah turun menjadi 112,99 pada Senin (29/11).

Dolar Australia naik tipis ke 0,7146 dolar AS, melanjutkan pemulihan dari terendah Jumat (26/11) di 0,71125 dolar AS. Euro hampir datar di 1,12955 dolar AS, dari tertinggi Senin (29/11) di 1,1335 dolar AS.

Mata uang tunggal telah merosot ke terendah hampir 17 bulan di 1,1186 dolar AS karena pembuat kebijakan Bank Sentral Eropa tetap pada sikap dovish mereka dalam menghadapi inflasi yang memanas. Data terbaru pada harga konsumen kawasan euro akan dirilis Selasa nanti.

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021