Menkes sebut penyebaran virus Corona munculkan banyak varian

Menkes sebut penyebaran virus Corona munculkan banyak varian

Wali Kota Tomohon Caroll JA Senduk. ANTARA/HO-Humas

Tomohon (ANTARA) - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan capaian penurunan kasus COVID-19 di Indonesia saat ini sebaiknya tetap diwaspadai karena penyebaran virus Corona memunculkan banyak varian yang tidak bisa diprediksi.

"Karena itu dibutuhkan kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan di setiap kegiatan," ujar Menkes dalam sambutan yang dibacakan Wali Kota Tomohon Caroll JA Senduk pada peringatan Hari Kesehatan Nasional Tahun 2021, di Tomohon, Selasa.

Pelaksanaan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57 merupakan momentum untuk bersyukur, karena Indonesia menjadi salah satu negara yang berhasil menurunkan lonjakan kasus COVID-19 yang disebabkan adanya mutasi virus.

Dia berharap masyarakat menerapkan protokol kesehatan, melakukan peningkatan kapasitas '3T', yaitu 'Testing, Tracing, Treatment' serta pelaksanaan vaksinasi COVID-19.
Baca juga: Pakar Afsel: Vaksin COVID-19 mungkin efektif cegah Omicron
Baca juga: WHO: Omicron timbulkan risiko global yang sangat tinggi


Tema yang diangkat yaitu 'Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku' diharapkan menjadi penyemangat bagi pelaku pembangunan termasuk masyarakat umum dan khususnya para penggiat sektor kesehatan untuk terus bangkit dari kondisi pandemi COVID-19.

"Semoga peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57 ini menjadi awal pulihnya berbagai sektor di masyarakat, sehingga Indonesia bisa kembali sehat dan kembali tumbuh," ujarnya.

Menkes berharap rangkaian kegiatan pada peringatan HKN ini dapat menguatkan kepatuhan menerapkan protokol kesehatan di setiap kegiatan, meningkatkan target vaksinasi COVID-19.

Selanjutnya, membangkitkan semangat dan optimisme seluruh komponen masyarakat untuk ikut bergotong royong dalam menyelesaikan pandemi COVID-19, dan memberikan apresiasi kepada para pihak yang telah memajukan pembangunan bidang kesehatan.

Menkes kemudian menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada segenap jajaran kesehatan, lintas sektor di pusat dan daerah serta seluruh lapisan masyarakat yang telah bahu- membahu berjuang tanpa mengenal lelah di semua lini dalam melaksanakan pembangunan kesehatan sebagai sebuah perjuangan untuk selamatkan bangsa dari pandemi COVID-19 dan mewujudkan Indonesia semakin sehat dan tumbuh menjadi bangsa besar yang kuat.
Baca juga: Kemenkes: Vaksinasi harus dipercepat menyusul munculnya varian Omicron
Baca juga: Tingkatkan kewaspadaan antisipasi varian Omicron di Kabupaten Bekasi
Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021