Kemensos perkuat tiga strategi pemenuhan hak penyandang disabilitas

Kemensos perkuat tiga strategi pemenuhan hak penyandang disabilitas

Menteri Sosial Tri Risma Harini berbincang dengan penyandang disabilitas di Gedung Aneka Bhakti, Jakarta, Rabu (1/12/2021). ANTARA/Sanya Dinda

Jakarta (ANTARA) - Menteri Sosial Tri Risma Harini mengatakan Kemensos akan memperkuat tiga strategi pemenuhan hak penyandang disabilitas sebagai bagian dari peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2021.

“Keberpihakan kepada penyandang disabilitas dilakukan Kemensos dengan memperkuat tiga strategi, yakni memperkuat lingkungan yang inklusif, mengurangi ketidaksetaraan, dan menumbuhkan kepemimpinan dari penyandang disabilitas,” kata Risma dalam konferensi pers di Gedung Aneka Bhakti Kemensos, Rabu.

Menurut Risma, lingkungan yang inklusif diperlukan agar penyandang disabilitas dapat berpartisipasi aktif dalam berbagai bidang kehidupan.

“Peringatan HDI tahun 2021 ini harus menjadi momentum untuk memastikan dimana pun berada, lingkungan tersebut harus ramah terhadap penyandang disabilitas,” katanya.

Lingkungan yang ramah dan memberikan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas, diharapkan tidak hanya diperluas di ranah fasilitas publik tapi juga pendidikan. Pasalnya pendidikan merupakan hak konstitusional warga negara.

"Saya berharap, sekolah umum pun bisa menerima penyandang disabilitas. Ini mimpi saya karena saya yakin, di balik kekurangan seseorang, juga ada kelebihan. Saya yakin saudara kita para penyandang disabilitas tidak kalah dengan non penyandang disabilitas,” kata Mensos.

Di samping itu, Kemensos bersama lembaga lain dan masyarakat luas akan terus mendorong generasi muda penyandang disabilitas untuk menjadi pemimpin dalam bidang apapun.

Hal ini merupakan bentuk pengakuan bahwa penyandang disabilitas setara dengan manusia lain dan turut aktif dalam berbagai proses pengambilan keputusan.

“Oleh karena itu, peringatan HDI tahun 2021 ini bukan sekedar seremoni. Namun momentum menunjukkan karya nyata mereka, dan bagaimana kita memastikan terciptanya lingkungan yang mendukung pemenuhan hak-hak mereka,” katanya.

Peringatan HDI tahun 2021 secara internasional mengambil tema “Leadership and participation of persons with disabilities toward an inclusive, accessible and sustainable post-COVID-19 world" atau *Kepemimpinan dan partisipasi penyandang disabilitas menuju tatanan dunia yang inklusif, aksesibel dan berkelanjutan pasca COVID-19”.

Di tengah pandemi, Kemensos menyelenggarakan peringatan HDl tahun 2021 dengan mematuhi protokol kesehatan yang melibatkan unsur pemerintah pusat dan daerah secara hybrid.

Selain pameran, dalam rangkaian peringatan HDl tahun 2021, digelar berbagai kegiatan yakni publikasi dan sosialiasi, webinar series, penyerahan bantuan Atensi, gebyar inklusi, penyuluhan sosial dan melukis, serta acara Puncak HDI tahun 2021 yakni pelantikan Komisioner Komisi Nasional Disabilitas (KND).
Baca juga: Anak perlu dididik tak "bully" penyandang disabilitas sejak dini
Baca juga: Menaker serukan penguatan perlindungan difabel jelang Hari Disabilitas
Baca juga: PPDI: Kuota pekerjaan untuk penyandang disabilitas belum terpenuhi

Pewarta : Sanya Dinda Susanti
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021