Jakarta (ANTARA) - Blibli menghadirkan pameran ekslusif untuk para pelaku usaha dari Kota Bandung bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bandung dalam acara bertajuk “Beli Lokal Fest Bandung”.

Blibli menyiapkan laman khusus untuk Beli Lokal Fest Bandung agar pelanggan lebih mudah menjelajah dan membeli barang-barang lokal favorit.

Terdapat berbagai kategori produk yang bisa ditemukan di festival belanja ini, mulai dari fashion, kesehatan dan kecantikan, kerajinan, hingga makanan dan minuman.

Baca juga: Kisah pelaku UMKM Tanah Datar kembangkan mie dari sayur dan buah

Tidak ketinggalan, pelanggan bisa membeli produk incaran mereka dengan harga penawaran menarik berupa ekstra diskon untuk semua produk.

“Ini menjadi bentuk dukungan kami terhadap inisiatif Bangga Buatan Indonesia dari pemerintah, kami akan terus menghadirkan lebih banyak produk-produk UMKM berkualitas yang sesuai kebutuhan pelanggan,” ujar VP Galeri Indonesia Blibli Andreas Pramaditya dalam keterangannya, Kamis.

Pameran itu menghadirkan produk-produk unggulan 150 UMKM pilihan asal Kota Bandung dan berlangsung hingga 7 Desember 2021.

Seluruh 150 UMKM di Beli Lokal Fest Bandung telah melewati proses kurasi yang dilakukan secara langsung oleh Dekranasda Kota Bandung agar pelanggan bisa menikmati produk berkualitas dari para pengusaha kreatif unggulan asal Kota Bandung.

Salah satu UMKM yang berpartisipasi dalam festival belanja tersebut adalah Blankenheim, brand sepatu dan aksesori kulit premium yang produknya telah digunakan sejumlah menteri seperti Erick Thohir (Menteri BUMN) dan Sandiaga Uno (Menparekraf).

Tentunya pelaku UMKM yang terlibat dalam kegiatan “Beli Lokal Fest Bandung” sangat antusias dan semangat untuk terus menciptakan dan ikut aktif menggerakan industri kreatif Bandung yang lebih optimal.

“Kami harap, Beli Lokal Fest Bandung bisa menjadi wadah berkelanjutan bagi UMKM asal Kota Bandung untuk memperluas pasarnya,” kata Founder Blankenheim Muhammad Ammar Maulana.

Selain Blankenheim, UMKM unggulan Kota Bandung lainnya yang berpartisipasi di Beli Lokal Fest Bandung di antaranya adalah Kailoka (jenama jam tangan kayu), Batagor Abuy, dan Saung Angklung Udjo.

Blibli juga terus menghadirkan sejumlah inisiatif berkelanjutan untuk mendukung UMKM agar lebih produktif dengan memanfaatkan channel digital secara optimal. Salah satu inisiatif yang dimaksud adalah Galeri Indonesia sebagai showcase produk UMKM terlengkap dari Blibli.

Baca juga: Frisian Flag hadirkan program terbaru untuk bantu pelaku UMKM

“Sebagai e-commerce lokal yang mendukung lebih dari 130.000UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia, kami telah menyaksikan bagaimana mereka telah menciptakan value chain yang berharga bagi perekonomian,” ujar Andreas.

Riset yang dilakukan Litbang Kompas bersama Blibli menunjukkan bahwa 77 persen dari responden UMKM mempekerjakan orang-orang dari komunitas mereka, di mana satu UMKM dapat memunculkan hingga 5 kesempatan di lapangan kerja setempat.

"Temuan tersebut menekankan peran penting yang dimainkan UMKM bagi ekonomi Indonesia yang inklusif. Maka itu, sangatlah tepat bagi semua sektor untuk berkolaborasi untuk menjaga keberlangsungan UMKM terutama di tengah pandemi," pungkas Andreas.

Hal ini juga yang mendorong Blibli untuk selalu bekerja sama dengan berbagai pihak, mulai dari pemerintah hingga institusi keuangan, dalam menjalankan inisiatif pemberdayaan UMKM, termasuk pelatihan digital entrepreneurship dengan menyediakan tim Pendampingan UMKM lokal yang tersebar di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Beberapa sinergi yang telah dilakukan Blibli meliputi KUKM Hub (pelatihan dunia usaha dan pemasaran produk secara digital bersama Kemenkop UKM), Kakak Asuh UMKM (pendampingan dan pelatihan intensif untuk mengembangkan kapabilitas digital bagi ratusan UMKM bersama SMESCO).

Ada juga program MAJU Produk Indonesia sebuah kampanye bersama startup MAPAN untuk meningkatkan kesadaran dan kecintaan akan kualitas produk lokal dengan mendukung upaya transformasi digital bagi ratusan ribu UMKM.


Baca juga: Telkomsel dan PIM tingkatkan daya saing UMKM perempuan

Baca juga: Penerapan UMK Mataram dikecualikan bagi pelaku UMKM

Baca juga: Berdayakan UMKM, Bukalapak kenalkan fitur BukaSend

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021