Komisi II DPR gelar rapat terkait jadwal Pemilu pada awal tahun 2022

Komisi II DPR gelar rapat terkait jadwal Pemilu pada awal tahun 2022

Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung. (ANTARA/Ogen/am)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia mengatakan Komisi II akan menggelar rapat kerja dengan pemerintah dan penyelenggara pemilu terkait jadwal Pemilu 2024 pada awal tahun 2022.

"Komisi II DPR telah melaksanakan rapat dan merencanakan menggelar rapat kerja dengan Menteri Dalam Negeri dan seluruh penyelenggara pemilu pada masa sidang mendatang atau setelah reses," kata Ahmad Doli di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis.

Hal itu dikatakannya terkait pernyataan anggota KPU RI Pramono Ubaid yang mengatakan bahwa KPU RI telah mengirimkan surat yang meminta DPR RI berkonsultasi membahas peraturan KPU (PKPU) tentang jadwal Pemilu 2024 dalam rapat dengar pendapat (RDP).

Baca juga: Anggota DPR harap KPU-Pemerintah sepakati tanggal Pemilu 2024

Dia menegaskan bahwa Komisi II DPR memiliki agenda mandiri dan tidak bisa diintervensi institusi lain untuk melaksanakan sebuah rapat.

Karena itu, menurut dia, KPU RI tidak bisa menentukan RDP harus dilaksanakan pada tanggal 7 Desember 2021 untuk membahas jadwal Pemilu 2024.

"Kami punya perencanaan sendiri, kapan kami rapat, jadi tidak bisa diintervensi institusi lain misalnya harus tanggal 7 Desember 2021. Jadi tolong hormati DPR sebagai lembaga negara yang sudah memiliki agenda dan perencanaan sendiri," ujarnya.

Baca juga: KPU lakukan simulasi Pemilu 2024 dengan dua jenis surat suara
Baca juga: MPI: Timsel KPU/Bawaslu wujudkan 30 persen keterwakilan perempuan


Doli menjelaskan keputusan terakhir Komisi II DPR RI adalah meminta "stakeholder" terkait Pemilu 2024 untuk melakukan konsolidasi dengan penyelenggara, yaitu KPU, Bawaslu, dan DKPP.

Menurut dia, Komisi II DPR RI meminta pemerintah berkomunikasi dengan pimpinan parpol dan KPU konsolidasi dengan Bawaslu dan DKPP.

"Sampai sekarang kami belum mendapatkan informasi dari hasil konsolidasi itu. Jadi kami agak kaget ketika tiba-tiba KPU tanpa memberikan informasi kepada Komisi II DPR apakah sudah konsolidasi atau belum mengajukan surat dan minta agar tanggal 7 Desember 2021 dilakukan rapat," katanya.

Pewarta : Imam Budilaksono
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021