Timsel: 20 calon anggota Bawaslu lulus tes tertulis dan psikologi

Timsel: 20 calon anggota Bawaslu lulus tes tertulis dan psikologi

Dokumentasi-Mendagri Tito Karnavian bersama Ketua Tim seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu RI masa jabatan 2022-2027 Juri Ardiantoro dan anggota timsel lainnya pada konferensi pers usai penyerahan Keppres soal timsel, Jakarta, Selasa (12/10/2021). ANTARA/Boyke Ledy Watra/am.

Jakarta (ANTARA) -
Tim Seleksi Calon Anggota KPU dan Calon Anggota Bawaslu Masa Jabatan Tahun 2022-2027 menyampaikan sebanyak 20 orang calon anggota Bawaslu dinyatakan lulus tahap seleksi tes tertulis, penulisan makalah dan tes psikologi.
 
Ketua Tim seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu RI Juri Ardiantoro di Jakarta, Jumat, mengatakan dari 20 orang tersebut, terdiri dari 14 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Persentase calon perempuan yang lulus pada tahap seleksi kali ini yakni sebanyak 30 persen
 
"Peserta yang hadir mengikuti tes tertulis dan penulisan makalah Bawaslu yang hadir 264 orang, tidak hadir 14 orang," ucap dia.
 
Kemudian pada saat tes psikologi, peserta yang hadir berjumlah 263 orang dan yang tidak hadir sebanyak 15 orang.

Baca juga: MPI: Timsel KPU/Bawaslu wujudkan 30 persen keterwakilan perempuan

Baca juga: Timsel pastikan seleksi calon anggota KPU-Bawaslu berjalan jujur
 
Terdapat nama-nama Anggota Bawaslu RI periode jabatan 2017-2022 yang kembali ikut seleksi dan dinyatakan lulus seperti Rahmat Bagja dan Fritz Edward Siregar.
 
Selanjutnya, bagi bakal calon yang telah dinyatakan lulus pada tahap tes tertulis, penulisan makalah, dan tes psikologi berhak untuk mengikuti tahap seleksi berikutnya yaitu tahap tes psikologi lanjutan (dinamika kelompok), tes kesehatan dan wawancara.
 
Jadwal tes psikologi lanjutan (dinamika kelompok) pada 9–11 Desember 2021. Tes kesehatan 26–30 Desember dan wawancara bakal calon anggota Bawaslu pada 26-27 Desember 2021.
 
Daftar nama bakal calon anggota KPU dan anggota Bawaslu yang telah dinyatakan lulus juga dapat dilihat di laman https://seleksikpubawaslu.kemendagri.go.id
 
Tim seleksi mengundang masyarakat untuk memberikan masukan mengenai rekam jejak para bakal calon di atas melalui laman https://seleksikpubawaslu.kemendagri.go.id.
Pewarta : Boyke Ledy Watra
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021