Adapun biaya perbaikan jembatan ini diperkirakan mencapai Rp100 juta berdasarkan perhitungan Pemkab Merangin
Jambi (ANTARA) - Komunitas Rudutz DNA Pro Trading Akademi Jambi menyalurkan dana bantuan senilai Rp57,5 juta melalui Lazismu untuk memperbaiki jembatan gantung yang roboh di Kabupaten Merangin Provinsi Jambi.

Penyerahan bantuan itu dilakukan oleh GM Pelindo Cabang Jambi sekaligus perwakilan komunitas Rudutz DNA Pro Trading Akademi Jambi Cheppy Rymeta Atmaja kepada pengurus Lazismu wilayah Jambi di Telanaipura Kota Jambi, Jumat.

Cheppy menyebutkan, pihaknya merasa terpanggil untuk memperbaiki kondisi jembatan gantung yang sangat diperlukan dan alat penghubung vital bagi warga Desa Aur Berduri Kecamatan Nalo Tantan Kabupaten Merangin itu.

"Dana ini berasal dari solidaritas teman-teman anggota komunitas Rudutz DNA Pro Trading Akademi Jambi atas keprihatinan teman-teman melihat kondisi jembatan gantung yang sudah roboh namun masih dilalui masyarakat bahkan anak-anak melintasi jembatan itu menuju sekolah mereka," kata Cheppy saat penyerahan bantuan dana kepada Lazismu.

Cheppy mengatakan kepedulian itu menjadi wujud keprihatinan komunitas atas kejadian jembatan gantung yang roboh dan sangat membahayakan keselamatan warga yang melintas menggunakan jembatan tersebut.

Setelah menerima kiriman video kondisi jembatan gantung tersebut, ia bersama komunitas Rudutz DNA Pro langsung berinisiatif menyumbangkan dana guna perbaikan jembatan hingga terkumpul Rp57,5 juta.

Inisiatif dari Komunitas Rudutz DNA Pro Trading Akademi Jambi ini sejalan dengan apa yang tengah dilakukan Lazismu yang juga berencana akan membantu dana pembangunan jembatan gantung tersebut.

"Adapun biaya perbaikan jembatan ini diperkirakan mencapai Rp100 juta berdasarkan perhitungan Pemkab Merangin. Pemkab sendiri berencana juga untuk memperbaiki namun karena terkendala anggaran rencananya baru di akan dilakukan tahun 2022.

"Yang penting sekarang masyarakat merasakan manfaatnya segera, ini juga bentuk dukungan masyarakat dengan pemerintah dalam mendukung pembangunan," jelasnya.

Ketua Lazismu Wilayah Jambi Kusnadi Bey mengatakan pihaknya sudah menerima surat dari Pemerintah Kabupaten Merangin terkait rencana perbaikan jembatan itu. Berkenaan dengan hal tersebut untuk percepatan perbaikan inilah Pemkab mengajukan permohonan bantuan pembiayaan dari Lazismu Wilayah Jambi dan untuk pelaksanaan pekerjaannya akan dilakukan oleh Dinas PUPR Merangin secara swakelola.

"Setelah kemarin mendapatkan berita ini, tim Lazismu Merangin langsung ke lokasi untuk pengecekan kondisi di lapangan, dari hasil pengecekan inilah kemudian diputuskan Lazismu siap memberikan suport untuk perbaikan ini juga sejalan dengan program kerja kami di bidang sosial kemanusiaan," jelasnya.

Selanjutnya, untuk kekurangan biaya perbaikan ini nantinya Lazismu Wilayah Jambi mengusulkan bantuan dana kepada pusat agar bisa dikerjakan sesuai dengan perkiraan biaya yang di data Pemkab Merangin. Pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada Rudutz DNA Pro Trading Akademi Jambi yang telah membantu dan mensupport untuk perbaikan jembatan itu.
Baca juga: Lazismu Uhamka salurkan beasiswa bantu mahasiswa saat pandemi
Baca juga: PCIM Malaysia serahkan bantuan Peduli Palestina ke Lazismu Pusat
Baca juga: Lazismu kelola donasi pelanggan Alfamart Rp3,21 miliar lebih

Pewarta: Muhammad Hanapi dan Tuyani
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021