Jambi (ANTARA) - Pembukaan Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) ke 14 tahun 2021 di Provinsi Jambi ditandai dengan penanaman pohon dan penebaran benih ikan sebagai bentuk dan wujud pelestarian alam, Sabtu.

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Budi Waseso bersama Gubernur Jambi Al Haris melakukan penanaman pohon dan menebar benih ikan di Bumi Perkemahan Abdurrahman Sayoeti setelah mengikuti upacara pembukaan PWN ke 14 tahun 2021 di Provinsi Jambi.

Selain itu peserta PWN nantinya juga akan melakukan penanaman komoditas unggulan daerah itu, yakni pohon pinang di lokasi perkemahan. Penanaman pohon tersebut sebagai bentuk kegiatan pelestarian lingkungan yang dilaksanakan dalam kegiatan PWN tahun 2021.

Serta dilakukan penebaran bibit ikan di Danau yang berada di lokasi PWN tahun 2021 yang dilakukan oleh Ketua Kwarnas Pramuka Budi Waseso, Gubernur Jambi serta tokoh-tokoh lainnya yang hadir dalam pembukaan PWN tahun 2021 di Jambi.

Pembukaan PWN ke 14 dilaksanakan di tiga lokasi yang berbeda yang dilakukan secara hybrid, yakni secara langsung dan virtual.

Baca juga: Jambi sebut persiapan Perkemahan Wirakarya Nasional 2021 berjalan baik

Baca juga: Gubernur mantapkan persiapan perkemahan nasional di Jambi


Pembukaan PWN tersebut di pusatkan di Bumi Perkemahan Abdurrahman Sayoeti Musa Kabupaten Muaro Jambi sebagai "Main Camp" atau perkemahan induk. Kemudian dilaksanakan di Desa Singoan, Kabupaten Batanghari sebagai "Sub Camp" sebagai lokasi kegiatan di luar perkemahan induk. Dan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka Kak Zainudin Amali di Sumatera Utara yang dilakukan secara virtual.

Peserta yang mengikuti PWN di Provinsi Jambi terdiri dari 30 Kwartir Daerah. Dimana terdapat dua Kwartir Daerah yang tidak dapat mengikuti PWN ke 14 di Provinsi Jambi, yakni Kwartir Daerah Kalimantan Selatan dan Kwartir Daerah Kalimantan Utara.

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Jambi Sudirman mengatakan PWN tahun 2021 dilaksanakan dalam tiga tahapan. Yakni pra PWN, pelaksanaan PWN dan pasca PWN.

"PWN ke 14 tahun 2021 di Jambi merupakan PWN berkelanjutan, yang biasanya hanya dilakukan kegiatan non fisik saat ini kegiatan PWN dibarengi kegiatan non fisik berupa pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan BUMDesa dan pembangunan ramah lingkungan," kata Sudirman.

Dengan pelaksanaan PWN yang berkelanjutan tersebut, dalam tiga tahun ke depan kegiatan gerakan Pramuka yang sudah dilaksanakan akan terus di awasi dan di evaluasi sehingga bisa menjadi contoh pemberdayaan masyarakat di lingkungannya.

Baca juga: Jambi bersedia jadi tuan rumah perkemahan santri
Baca juga: Pramuka santri siap pecahkan rekor Muri "krinok"
 

Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021