Enam dari tujuh kabupaten di Babel nol kasus COVID-19

Enam dari tujuh kabupaten di Babel nol kasus COVID-19

Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan enam dari tujuh kabupaten/kota nol kasus harian COVID-19 atau semakin melandai, karena kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan yang baik. ANTARA/Aprionis.

Pangkalpinang (ANTARA) - Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan enam dari tujuh kabupaten/kota mencatat nol kasus harian COVID-19 atau semakin melandai, karena kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan yang baik.

"Hari ini kasus harian COVID-19 hanya terdapat di Kota Pangkalpinang sebanyak 4 kasus," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Minggu.

Ia menjelaskan berdasarkan data terbaru, jumlah kasus harian orang terpapar virus corona 4 orang dengan kumulatif 52.299 jiwa terdapat di Pangkalpinang, sementara Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung dan Belitung Timur tidak ada penambahan kasus harian.

Baca juga: Satgas COVID-19 Sumut sebut zona hijau bertambah jadi enam daerah

"Hari ini pasien sembuh dari COVID-19 juga bertambah dua terdapat di Bangka Tengah, sementara kabupaten/kota lainnya tidak ada pasien sembuh," ujarnya.

Ia mengatakan dengan bertambahnya 4 kasus harian ini,  jumlah orang yang masih menjalani isolasi menjadi 70 orang tersebar di Bangka 23, Bangka Barat 11, Belitung 11, Pangkalpinang 10, Bangka Tengah 8, Belitung Timur 5 dan Bangka Selatan 2 pasien.

"Alhamdulillah, hari ini tidak ada pasien meninggal akibat COVID-19 ini sehingga kumulatif kematian orang akibat virus corona ini tetap 1.456 jiwa," katanya.

Baca juga: Afrika Selatan dilanda gelombang keempat COVID akibat Omicron

Menurut dia dalam mencegah penularan virus corona dan meningkatkan kesembuhan pasien, pihaknya terus mendorong pasien COVID-19 untuk menjalani isolasi di isolasi terpusat atau rumah sakit rujukan COVID-19.

"Hari ini hanya empat pasien yang menjalani isolasi di isoter, sementara sisanya menjalani karantina secara mandiri sehingga berpotensi menularkan virus kepada anggota keluarga dan lingkungannya," katanya. 
Pewarta : Aprionis
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021