Surabaya (ANTARA) - Koordinator Satgas Tanggap Bencana Nasional BUMN Jawa Timur menyalurkan bantuan berupa 600 paket sembako untuk para korban letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu.

Sekretaris Perusahaan Petrokimia Gresik, Yusuf Wibisono dalam siaran pers di Surabaya, mengatakan Petrokimia Gresik sebagai Koordinator Satgas Tanggap Bencana Nasional BUMN Jawa Timur mendapat amanah dari Menteri BUMN untuk senantiasa tanggap dengan apapun kondisi luar biasa yang terjadi di Jawa Timur.

Termasuk, kata dia, juga terkait kebencanaan seperti letusan Gunung Semeru yang membutuhkan kepedulian banyak pihak untuk proses penanganan pada saat dan pascabencana.

"Keprihatinan mendalam kami haturkan kepada warga Jatim, khususnya Kabupaten Lumajang yang tengah diterpa bencana. Kami merasa terpanggil untuk membantu saudara-saudara yang menjadi korban sesegera mungkin," ujar Yusuf.

Ia mengatakan, bantuan ini merupakan tahap awal yang diberikan Petrokimia Gresik dan bentuknya telah disesuaikan dengan kebutuhan korban saat ini, berdasarkan hasil koordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

Adapun setiap paket sembako yang disalurkan untuk para korban antara lain berisi beras (5 kg), minyak (2 liter), mi instan (3 bungkus), dan air mineral 600 ml (1 botol).

Selain itu juga masker satu boks, karena erupsi Gunung Semeru menimbulkan abu yang sangat pekat, sehingga bantuan masker ini diharapkan dapat meminimalisasi para korban dari kemungkinan gangguan ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas).

"Selanjutnya bersama dengan BUMN Wilayah Jawa Timur kami berencana akan kembali memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan pada saat penanganan bencana, termasuk pemulihan," kata Yusuf.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Indra Wibowo mengaku berterima kasih kepada Petrokimia Gresik dan BUMN wilayah Jawa Timur atas bantuan yang cepat disampaikan. Bantuan ini sangat dibutuhkan para korban yang saat ini banyak di pengungsian.

"Bantuan ini meringankan beban para korban. Di tengah bencana mereka mendapat kepedulian dari Petrokimia Gresik dan BUMN lain di Jawa Timur. Saat ini kebutuhan mendesak para korban diantaranya sembako dan matras," kata Indra.

Sementara itu, dampak letusan Gunung Semeru dirasakan di delapan desa dari dua kecamatan di Lumajang, yaitu Desa Sumber Wulu, Sumber Mujur, Penanggal, Candipuro dan Sumber Rejo, Kecamatan Candipuro. Sedangkan pada Kecamatan Pronojiwo ada tiga yaitu Desa Supiturang, Sumber Urip, dan Oro Oro Ombo.
Baca juga: Presiden Jokowi perintahkan bantuan untuk pengungsi Semeru
Baca juga: Kota Surabaya bantu kendaraan berat dan logistik erupsi Semeru
Baca juga: BPBD Kediri buka posko kumpulkan bantuan untuk korban Semeru
Baca juga: Bulog Peduli gelontorkan bantuan pangan untuk korban letusan Semeru

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2021