Jakarta (ANTARA) - Lima berita politik pada Minggu (5/12) yang masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik, mulai dari Presiden perintahkan bantuan untuk korban letusan Gunung Semeru hingga muktamar Rabithah Alawiyah fokus penguatan ekonomi.

Klik di sini untuk membaca berita selengkapnya

1. Presiden Jokowi perintahkan bantuan untuk pengungsi Semeru
Presiden Joko Widodo telah memerintahkan pengerahan bantuan kesehatan dan logistik untuk pengungsi letusan Gunung Semeru.

"Bapak Presiden juga memerintahkan agar bantuan pelayanan kesehatan, penyediaan logistik kebutuhan dasar pengungsi, serta perbaikan infrastruktur dapat diselesaikan dalam waktu yang sangat sangat singkat," kata Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, melalui video yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu.

Selengkapnya di sini

2. Muktamar Rabithah Alawiyah fokus pada penguatan ekonomi umat
Ketua Umum Rabithah Alawiyah Habib Zen Bin Smith mengatakan Muktamar Nasional Ke-25 organisasi kemasyarakatan tersebut fokus pada penguatan ekonomi umat melalui pemberdayaan sumber daya manusia saat pandemi Covid-19.

"Momentum pascapandemi merupakan waktu yang tepat untuk kembali melakukan perubahan ke arah yang lebih baik," kata Habib Zen melalui keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya di sini

3. Puan: Utamakan penyelamatan warga dari musibah erupsi Semeru
Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah bersama instansi terkait untuk memprioritaskan atau mengutamakan penyelamatan warga yang terdampak dari erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur.

"Keprihatinan mendalam kami haturkan kepada warga Jawa Timur, khususnya Kabupaten Lumajang yang tengah diterpa bencana," kata dia melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya di sini

4. Survei: Prabowo dan Ganjar miliki elektabilitas tinggi jelang pilpres
Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menempati dua urutan teratas untuk tokoh-tokoh yang memiliki elektabilitas tinggi menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 versi lembaga survei Polmatrix Indonesia.

Hasil survei Polmatrix Indonesia yang disiarkan di Jakarta, Minggu, menunjukkan Prabowo memperoleh angka elektabilitas tertinggi 19,5 persen diikuti Ganjar 19,2 persen.

Selengkapnya di sini

5. Menhan luncurkan Kapal Cepat Rudal 60 Meter kelima buatan PT PAL
Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, meluncurkan Kapal Cepat Rudal 60 Meter yang kelima produksi galangan kapal industri pertahanan dalam negeri PT PAL Indonesia (Persero).

Pada acara yang digelar di Ship Lift Divisi Kapal Perang PT PAL, Surabaya, Jawa Timur, Minggu, dihadiri Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudo Margono, dan Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero), Kaharuddin Djenod.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021