Jakarta (ANTARA) - Film animasi Disney “Encanto” bertahan di posisi teratas box office Amerika dengan menambahkan pendapatan sekitar 12,7 juta dolar AS atau sekitar Rp183 miliar pada akhir pekan ini.

Mengutip The Hollywood Reporter, Senin, hingga kini tercatat total pendapatan “Encanto” secara global mencapai 116,1 juta dolar AS (Rp1,67 triliun)

Film ini juga membuat rekor di beberapa negara Amerika Latin, seperti di Kolombia yang telah menghasilkan 5,9 juta dolar AS (Rp85 miliar). “Encanto” juga mencetak pendapatan tertinggi di Prancis akhir pekan ini dengan 6,5 juta dolar AS (Rp93,8 miliar) untuk kategori pasar luar Amerika.

“Encanto” menceritakan kisah sebuah keluarga di pegunungan Kolombia yang diberkahi dengan kekuatan khusus, kecuali putri Mirabel yang akhirnya harus menyelamatkan anggota keluarganya yang lain.

Baca juga: "Ghostbusters: Afterlife" rajai box office Amerika

Film animasi ini digarap oleh sutradara Bryon Howard, Jared Bush, serta Charise Castro Smith. Musik asli film digubah oleh Lin-Manuel Miranda. Sementara Pengisi suara termasuk Stephanie Beatriz, John Leguizamo, dan Diane Guerrero.

Sementara itu, “Ghostbusters: Afterlife” mengikuti di tempat kedua dengan penambahan pendapatan 10,2 juta dolar AS hingga Minggu. Secara internasional, film keluarga produksi Sony ini telah mengumpulkan total 145,1 juta dolar AS (Rp2 triliun).

Film garapan sutradara Ridley Scott “House of Gucci” menempati posisi ketiga dengan 6,8 juta dolar AS (Rp98 miliar) di akhir pekan kedua. Film ini dibintangi oleh Lady Gaga, Adam Driver, Jared Leto, dan Al Pacino.

Film “The Chosen: The Messengers” dari layanan streaming Fathom Events mendapatkan rilis secara teatrikal di bioskop Amerika, mengantongi 9 juta dolar AS (Rp129 miliar) saat debutnya pada Rabu (1/12) dan menambahkan 4,1 juta dolar AS (Rp59 miliar) pada akhir pekan ini.

Selanjutnya, film superhero “Eternals” masih bertahan di bioskop dengan menempati posisi kelima. Film ini menyumbang 3,9 juta dolar AS (Rp56 miliar) pada akhir pekan di bioskop Amerika sehingga total pendapatannya secara global menjadi 384,3 juta dolar AS (Rp5,5 triliun).

Baca juga: Kalahkan "Encanto", film "Spiritwalker" rajai box office Korea Selatan

Baca juga: Film animasi "Encanto" cetak Rp386 miliar di box office akhir pekan

Baca juga: "Encanto" sukses duduki posisi pertama di box office Thanksgiving

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021