PKS Jateng siagakan sukarelawan bantu penanganan erupsi Semeru

PKS Jateng siagakan sukarelawan bantu penanganan erupsi Semeru

Ketua DPW PKS Jawa Tengah Muh Haris dan salah seorang sukarelawan yang akan diberangkatkan membantu penanganan dampak erupsi Gunung Semeru. ANTARA/HO-DPW PKS Jateng/pri.

Semarang (ANTARA) -
DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Tengah menyiagakan 1.000 orang sukarelawan untuk membantu penanganan dampak bencana alam erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur.

"Kami segera mengirimkan tim terbaik untuk berangkat terlebih dahulu, dan pada kesempatan ini disiagakan 1.000 sukarelawan untuk terjun ke lapangan," kata Ketua DPW PKS Jateng Muh Haris di Semarang, Senin.

Menurut dia, pengiriman tim reaksi cepat dan penyiagaan sukarelawan itu sebagai respons cepat atas musibah yang melanda masyarakat Kabupaten Lumajang dan Malang, tepatnya di lereng Gunung Semeru.

Baca juga: Bantul kirim delegasi relawan bantu korban terdampak erupsi Semeru

Ia meminta para sukarelawan PKS untuk mempersiapkan diri, baik secara fisik, mental, dan logistik.

Sebelumnya para sukarelawan telah mendapat berbagai pelatihan penanganan dampak bencana alam sehingga diharapkan dapat membantu para korban.

"Teman-teman relawan sudah berlatih terus, menyiagakan ilmunya. Inilah saatnya mengaplikasikan ilmu dan hati untuk membantu masyarakat terdampak di kaki Gunung Semeru," ujarnya.

Baca juga: FRPB Pamekasan kirim relawan, bantu korban erupsi Semeru

Ia berharap pengiriman sukarelawan tersebut, dapat membantu dan memetakan kebutuhan  para korban bencana erupsi Gunung Semeru.

"Relawan PKS Jateng akan berkumpul dan berkoordinasi dengan relawan lainnya di Posko Relawan PKS yang sudah berdiri di sekitar kaki Gunung Semeru, hingga data terakhir yang dikumpulkan 11 kecamatan terdampak aktivitas Semeru," katanya.

Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut dilaporkan mengalami peningkatan aktivitas kemudian meletus yang disertai awan panas guguran dan hujan abu vulkanik, pada Sabtu (4/12), sekitar pukul 15.20 WIB.
Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021