Saat ini pembangunan tahap III konstruksinya masih 27,2 persen
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR menargetkan pembangunan tahap III Kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, rampung akhir September 2022.

"Saat ini pembangunan tahap III konstruksinya masih 27,2 persen dan ditargetkan selesai akhir September 2022," ujar Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Diana mengatakan atas usul Kementerian Agama, pembangunan tahap ketiga UIII kembali dilanjutkan oleh Kementerian PUPR yang terdiri dari pembangunan Gedung Fakultas B setinggi 4 lantai seluas 14.590 meter persegi, Perumahan dosen sebanyak 10 unit, dan Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS 3R) dengan nilai kontrak Rp173 miliar.

Sementara itu, pembangunan UIII tahap II dikerjakan oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya dengan lingkup pekerjaan meliputi pembangunan Masjid Kampus 2 lantai seluas 5.200 meter persegi dengan kapasitas tampung 1.880 jamaah.

Kemudian pembangunan Perpustakaan Pusat 8 lantai seluas 16.556 meter persegi dengan kapasitas pengunjung 1.000 orang dikerjakan oleh kontraktor PT. PP (Persero) dengan alokasi anggaran senilai Rp279 miliar.

Sedangkan pembangunan apartemen bagi mahasiswi Blok I seluas 12.615 meter persegi yang terdiri dari 8 lantai dengan jumlah kamar 268 unit. Adapun alokasi anggaran untuk pembangunan apartemen tersebut senilai Rp132 miliar yang dikerjakan oleh kontraktor PT. Hutama Karya (Persero).

Diana Kusumastuti mengatakan untuk pembangunan tahap II sudah rampung 100 persen konstruksinya dan saat ini dalam tahap perapihan.

"Untuk selanjutnya agar disiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) pemeliharaannya agar tetap terawat dengan baik setelah dilakukan serah terima kepada pengelola," katanya.

Baca juga: Kemenko Marves kawal percepatan pembangunan Kampus UIII
Baca juga: Pemkot Depok apresiasi UIII hijaukan kampus dengan 500 bibit pohon
Baca juga: Kementerian PUPR rehabilitasi Rumah Cimanggis bersejarah kampus UIII

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021