Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyebutkan optimalisasi sektor digital dapat menjadi salah satu penopang ekonomi nasional untuk bangkit di masa pemulihan akibat pandemi COVID-19.

“Proyeksi pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia yang diperkirakan akan tumbuh sebesar 5,2-5,8 persen pada tahun 2022 mendatang. Potensi tersebut dapat diraih salah satunya dengan mengoptimalkan pemanfaatan sektor digital," kata Johnny dalam keterangan tertulisnya, Selasa.

Berdasarkan data dari Kementerian Keuangan, di 2021 saja Indonesia diperkirakan akan meraih valuasi ekonomi digital di 2021 sebesar 70 miliar Dolar AS atau setara Rp1005 triliun (Rp1 biliun).

Dengan pengguna internet yang aktif saat ini yaitu 202,6 juta orang, maka optimalisasi sektor digital khususnya untuk bidang ekonomi bukan tidak mungkin akan lebih optimal di masa mendatang.

Optimalisasi sektor digital untuk mendukung kebangkitan ekonomi dapat dimulai dengan inovasi layanan keuangan digital yang lebih menarik pengguna internet.

Cara itu dinilai menjadi cara paling efektif untuk menyelaraskan target serta perkembangan teknologi yang begitu cepat dan tengah terjadi di Tanah Air.

“Melalui beragam bentuk layanan yang ditawarkan, sektor jasa keuangan digital telah mendorong pada hilirisasi ekonomi digital yang akseleratif, inklusif, dan memberdayakan," ujar Johnny.

Menyikapi potensi ekonomi digital di Indonesia yang prospektif, Kementerian Kominfo sudah menyiapkan kerangka transformasi digital Indonesia melalui Peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024.

Peta Jalan Indonesia Digital 2021 -2024 itu dirancang bersamaan dengan dicanangkannya agenda percepatan transformasi digital di Indonesia yang dimulai pada 2021 ini.

"Terdapat empat pilar yang menjadi pedoman realisasi agenda akselerasi transformasi digital Indonesia di dalamnya, meliputi empat pilar utama yaitu infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital, dan masyarakat digital," ungkap Johnny.

Peta Jalan Indonesia Digital mencakup 100 inisiatif utama pada 10 sektor prioritas nasional, termasuk di dalamnya inisiatif sektor jasa keuangan.

"Di antaranya mengembangkan Indonesia menjadi Fintech Hub Asia Tenggara dan membangun instrumen pendanaan berbasis capital venture bagi UMKM dan startup," tutupnya.

Harapannya dengan Peta Jalan Indonesia Digital maka di 2025 Indonesia bisa mencapai estimasi valuasi digitalnya yang diperkirakan mencapai 146 Dolar AS.

Baca juga: Menkominfo ingatkan jangan kendor terapkan prokes

Baca juga: Kominfo dukung digitalisasi ekonomi syariah

Baca juga: Menkominfo ajak masyarakat stop produksi informasi hoaks COVID-19


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021