Palu, 5/5 (ANTARA) - Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah akan menggelar dzikir akbar untuk umat dan bangsa dalam rangka hari lahir ke-77 Ansor pada Jumat (6/5) setelah shalat Ashar.

"Dzikir akbar ini akan dipusatkan di masjid raya Donggala," kata Ketua Gerakan Pemuda Ansor Donggala, Muhdar Ibrahim di Palu, Kamis malam.

Muhdar mengatakan, dzikir akbar tersebut sebagai bagian dari peran pemuda khususnya Gerakan Pemuda Ansor dalam mengatasi berbagai masalah yang dihadapi bangsa saat ini.

Menurutnya, sebagai bangsa yang berketuhanan sudah sepantasnya masyarakat bermohon kepada Tuhan agar bangsa ini keluar dari berbagai krisis yang dihadapi.

"Belakangan ini begitu banyak masalah, dengan doa kita berharap masalah itu bisa teratasi," katanya.

Dzikir akbar tersebut, kata Muhdar, akan dihadiri dari berbagai lapisan masyarakat di Banawa, ibu kota Kabupaten Donggala dan pengurus Gerakan Pemuda Ansor dari sejumlah kecamatan di daerah itu.

Dzikir tersebut ,kata dia, juga akan diisi dengan rangkaian ceramah agama oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palu, KH Zainal Abidin.

Terkait dengan hari lahir Gerakan Pemuda Ansor tersebut, sebelumnya sudah dilaksanakan berbagai kegiatan seperti sunatan massal gratis dan bakti sosial di rumah-rumah ibadah oleh Gerakan Pemuda Ansor Sulteng. Masyarakat menyambut antusias sunatan massal tersebut. Warga mengaku terbantu karena tidak mengeluarkan biaya.

Ketua Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Sulteng, Sahran Raden mengatakan, kegiatan Ansor tersebut merupakan wujud nyata dari peran pemuda di daerah ini.

Dia mengatakan, semangat kelahiran Ansor yang diwarnai dengan semangat perjuangan, nasionalisme, pembebasan, dan epos kepahlawanan patut disemangati di era saat ini. (A055/Z002/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011