Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika mendukung upaya sektor swasta untuk meningkatkan pemanfaatan ruang digital dengan baik.

"Kita saksikan dan dukung bersama agar Knowledge Hub yang hari ini groundbreaking-nya dilakukan sukses tepat waktu dan sekaligus mendorong ruang digital kita dapat dimanfaatkan dengan baik," kata Menteri Kominfo, Johnny G. Plate, saat peletakan batu pertama Gedung Knowledge Hub Sinar Mas Land di Tangerang, dikutip dari siaran pers, Kamis.

Sektor komunikasi dan informasi di Indonesia mengalami pertumbuhan dua digit selama pandemi virus corona ketika sektor lain, termasuk perekonomian, mengalami kontraksi.

Baca juga: Kominfo dorong inovasi digital berbasis pemberdayaan masyarakat

Pertumbuhan ini juga disokong ekosistem digital di Indonesia yang sedang berkembang pesat.

"Indonesia begitu berkembang. Saya memberikan gambaran bahwa pertumbuhan dan perkembangan digital economy Indonesia luar biasa," kata Johnny.

Pemerintah sudah membuat Peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024, berisi agenda percepatan transformasi digital serta panduan bagi pemerintah pusat dan daerah maupun mitra kerja untuk membangun infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital dan masyarakat digital.

"Empat sektor strategis ini hanya dapat bertumbuh dan berkembang apabila ICT deployment-nya berjalan dengan baik. Kita perlu menyelesaikan seluruh pembangunan infrastruktur TIK di Indonesia. Saat ini kita menetapkan ICT berbasis 4G Connectivity. Konektivitas teknologi komunikasi 4G sebagai backbone atau tulang punggung," kata Johnny.

Pemerintah berupaya menambah pembangunan infrastruktur TIK melalui pembangunan jaringan microwave-link, satelit, middle-mile untuk menghubungkan titik-titik yang belum terhubung dan penggelaran jaringan the last-mile base transceiver station (BTS) di seluruh tanah air.

Selain membangun infrastruktur fisik, Kominfo juga membangun ekosistem digital yang aman, sehat dan berdaulat dengan mengupayakan kebijakan dalam pengembangan teknologi.

Mereka menggunakan pendekatan sisi hilir agar sektor privat bisa mengadopsi teknologi digital dengan mengikuti tren teknologi.

Menteri Kominfo juga mengingatkan agar ruang digital tidak digunakan secara serampangan, contohnya melakukan perbuatan ilegal seperti menyebarkan konten radikalisme, terorisme dan pornografi.

"Jangan sampai kita diadu domba dalam bentuk berita-berita bohong, hoaks, misinformasi, disinformasi, dan malinformasi," kata Johnny.

Baca juga: Presidensi G20 momentum unjuk potensi e-commerce Indonesia pada dunia

Baca juga: BAKTI katakan pembangunan BTS 4G di Papua berjalan sangat baik

Baca juga: Kominfo siapkan internet satelit di posko Semeru

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021