Data yang dirilis Satgas COVID-19 tingkat Kalteng dari total 13.121 pasien positif COVID-19, tinggal tiga orang yang masih menjalani perawatan.
Palangka Raya (ANTARA) - Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Fairid Naparin mengatakan jumlah pasien positif COVID-19 di kota itu yang masih menjalani perawatan tinggal tiga orang.

"Data yang dirilis Satgas COVID-19 tingkat Kalteng dari total 13.121 pasien positif COVID-19, tinggal tiga orang yang masih menjalani perawatan," kata Fairid di Palangka Raya, Sabtu.

Dia menerangkan dari tiga orang yang masih terkonfirmasi positif COVID-19 itu, dua warga melakukan isolasi mandiri, satu orang sisanya menjalani perawatan di rumah sakit.

Fairid yang juga Ketua Satgas COVID-19 Kota Palangka Raya itu menambahkan akumulasi pasien sembuh dari paparan virus itu mencapai 12.601 orang.

Meski tingkat kesembuhan terus meningkat kepala daerah termuda di Provinsi Kalimantan Tengah itu pun meminta masyarakat setempat tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Baca juga: Satgas sebut Kota Batam nihil kasus COVID-19

Terlebih lagi Satgas COVID-19 juga mencatat, dari seluruh kasus positif yang ada, sebanyak 517 orang di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah ini meninggal dunia setelah terpapar virus corona.

Data tersebut berhasil dihimpun oleh tim kesehatan tingkat Kota Palangka Raya yang kemudian dilaporkan Satgas COVID-19 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

Fairid mengatakan penurunan kasus positif COVID-19 tersebut juga bentuk keseriusan pemerintah kota dalam melakukan penelusuran kontak erat antara masyarakat dengan pasien positif.

Sebagai upaya pemutusan rantai penyebaran COVID-19, Pemerintah Kota Palangka Raya, melalui tim gugus tugas terus melakukan  sosialisasi, deteksi dini, pengamanan hingga penanganan kasus.

Baca juga: KSP ajak masyarakat tetap waspada gelombang ketiga COVID-19

Masyarakat di wilayah Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah juga diminta selalu menerapkan protokol kesehatan COVID-19 sebagai upaya meminimalkan potensi dan mencegah mata rantai penyebaran COVID-19 yang tak kunjung usai.

Terlebih lagi, sejumlah pihak memperkirakan terjadi peningkatan penyebaran COVID-19 pada akhir 2021 hingga awal 2022.

Sementara itu untuk tingkat Provinsi Kalimantan Tengah dari 13 kabupaten dan satu kota yang ada, akumulasi pasien positif COVID-19 sampai saat ini tercatat 46.690 orang.

Dari jumlah itu tercatat 45.095 pasien dinyatakan sembuh, 1.586 orang meninggal. Kemudian 10 sisanya masih dalam perawatan yang mana lima pasien di rumah sakit dan lima lainnya melakukan isolasi mandiri.

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021