Banda Aceh (ANTARA) - Sebanyak 1.853 mahasiswa Universitas Syiah Kuala (USK) angkatan 2021 mendapat beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K).

"Pemerintah Pusat memberikan beasiswa KIP Kuliah untuk 1.853 mahasiswa USK. Artinya hampir 21 persen dari total jumlah mahasiswa USK tahun 2021, menerima mahasiswa,” kata Rektor USK, Prof Samsul Rizal di Banda Aceh, Sabtu.

Di sela-sela membagikan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) kepada mahasiswa angkatan 2021, dia menjelaskan program tersebut selaras dengan peraturan pemerintah yaitu, PTN harus harus menerima sekurang-kurangnya 20 persen mahasiswanya dari latar belakang tidak mampu.

“Alhamdulillah USK berkomitmen untuk menerima mahasiswa dari keluarga dengan latar belakang kurang mampu,” kata Rektor USK.

Baca juga: Rektor USK minta polisi usut pembuat ijazah palsu dokter gadungan PSS

Baca juga: Mahasiswa USK Banda Aceh sabet juara nasional KMI Award 2021


Adapun rincian penerima KIP-Kuliah Angkatan 2021 di USK terdiri dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis 143 Mahasiswa, Fakultas Hukum 54 Mahasiswa, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 152 Mahasiswa dan Fakultas Kedokteran Hewan 35 Mahasiswa.

Selanjutnya, Fakultas Pertanian 258 Mahasiswa, Fakultas KIP 584 Mahasiswa, Fakultas Kedokteran 29 Mahasiswa, Fakultas Kedokteran Gigi dan Mulut 4 Mahasiswa dan Fakultas Teknik 233 Mahasiswa.

Kemudian Fakultas Kelautan dan Perikanan 164 Mahasiswa, Fakultas MIPA 159 Mahasiswa, dan Fakultas Keperawatan 38 Mahasiswa. USK juga membagikan penerima Adik 3T dan Adem TKI sebanyak 13 Mahasiswa.

Ia mengatakan pendidikan merupakan kunci untuk mengubah nasib seseorang, sehingga harus dibarengi dengan usaha dan doa, terutama kedua orangtua.

"KIP-K ini menjadi salah satu jalan untuk saudara mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi. Maka pergunakanlah sebaik mungkin," katanya.*

Baca juga: Anggota DPR minta USK Banda Aceh kembalikan status dosen Saiful Mahdi

Baca juga: WWF dan USK edukasi penanganan mamalia laut terdampar di Aceh


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021