Surabaya (ANTARA News) - Panglima Militer wilayah II Thailand Letnan Jenderal Tawatchai Samutsakom, melakukan kunjungan ke beberapa basis militer di Provinsi Jawa Timur.

Kedatangan Tawatchai itu disambut Panglima Kodam V/Brawijaya Mayjen TNI Gatot Nurmantyo di Makodam V/Brawijaya, Surabaya, Rabu.

"Kunjungan ini merupakan bentuk kehormatan karena akan mendapatkan perhatian khusus dari AD Kerajaan Thailand," kata Pangdam.

Saat diterima Pangdam, Tawatchai didampingi Komandan Divisi Infanteri AD Kerajaan Thailand Mayjen Tawat Sukplang, dan Pejabat Staf AD Kerajaan Thailand Col Wisit Chotamangsa.

Selama mengunjungi basis-basis militer di Jatim, perwira AD Kerajaan Thailand itu didampingi Asisten Operasi Kasdam V/Brawijaya Kolonel Inf Achmad Marzuki dan Perwira Pendamping Mayor Inf Murbianto AW.

Selain ke basis-basis militer di bawah Kodam V/Brawijaya, mereka akan menyempatkan diri mengunjungi sentra kerajinan tangan dari kulit di Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo.

Sebelum meninjau beberapa lokasi yang sudah dijadwalkan tersebut, Tawatchai beserta rombongan melakukan audiensi dua arah dengan Pangdam dan jajaran di bawahnya.

Setelah itu rombongan langsung bertolak menuju markas komando latihan prajurit Kodam V/Brawijaya di Sidodadi, Lawang, Kabupaten Malang.

Di tempat itu mereka mendapatkan penjelasan tentang berbagai aktivitas pusat latihan prajurit, menyaksikan tayangan video tentang profil kesatuan Raider, pananaman pohon kenangan dibelakang markas komando daerah latihan Sidodadi, dan melihat secara langsung kegiatan pendidikan dan latihan satuan Raider serta latihan beladiri Yong Moodo.

Tawatchai beserta rombongan terkesan dengan berbagai aktivitas di markas komando latihan tersebut.(*)

(T.M038/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011