masih ada waktu selama 18 hari ke depan untuk mengejar target
Batang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, berupaya mempercepat capaian vaksinasi sebesar 70 persen dari target sekitar 600 ribu orang hingga akhir Desember 2021.

"Hingga  hari ini, capaian vaksinasi masyarakat umum sudah  63 persen atau masih kurang sekitar 45 ribu orang yang belum divaksinasi dari target 600 ribu orang. Adapun untuk vaksinasi lansia sudah mencapai 49 persen dari target 50 persen," kata Bupati Batang Wihaji di Batang, Senin.

Wihaji optimis target  vaksinasi untuk masyarakat umum dan lansia akan tercapai hingga akhir Desember 2021 karena masih ada waktu selama 18 hari ke depan untuk mengejar target.

Dengan asumsi setiap hari bisa melakukan vaksinasi 0,3 persen hingga 0,8 persen, kata dia, maka target pencapaian vaksinasi akan terpenuhi hingga akhir Desember 2021.

Ia mengatakan saat ini pemkab bersama TNI dan Polri terus melakukan kegiatan vaksinasi di sejumlah wilayah kecamatan yang dinilai masih rendah pencapaiannya seperti Warungasem, Bawang, Pecalungan, dan Kandeman.

"Kami berharap target pencapaian vaksinasi bisa segera tercapai dan kasus COVID-19 hilang dari wilayah Kabupaten Batang agar masyarakat bisa beraktivitas seperti semula dan kegiatan tatap muka (PTM) berjalan, dan ekonomi pun bisa tumbuh," katanya.

Kepala Bidang Pemberantasan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Batang Yuli Suryandaru mengatakan pihaknya akan terus menggenjot realisasi vaksinasi guna memenuhi target 70 persen untuk masyarakat dan 50 persen lansia.

Terkait vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun, ia mengatakan, pihaknya masih fokus untuk pencapaian target vaksinasi sebesar 70 persen dan setelah itu, baru memikirkan vaksinasi anak usia 6-11 tahun, itu pun masih menunggu instruksi lebih lanjut dari pemerintah pusat.

"Oleh karena itu, kami mohon dukungan masyarakat untuk mensukseskan vaksinasi hingga bisa menembus target 70 persen dan 50 persen lansia. Kami juga apresiasi pihak-pihak yang sudah mendukung percepatan vaksinasi," katanya.
Baca juga: Pemkab Batang dukung pemberlakuan PTM selama natal dan tahun baru
Baca juga: Batang serahkan keputusan sekolah tatap muka pada wali murid
Baca juga: Pemkab Batang buka layanan tes usap gratis

Pewarta: Kutnadi
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021