Jakarta (ANTARA) - Festival belanja akhir tahun 12.12 Birthday Sale yang diselenggarakan Shopee mencatat peningkatan kunjungan enam kali lipat pada 12 Desember 2021 dibandingkan hari biasa.

Sejak hadir di tengah masyarakat pada tahun 2015, 12.12 Birthday Sale terus menjadi salah satu kampanye paling ditunggu oleh pengguna. Tahun ini tercatat lebih dari 850 juta voucher Shopee telah diklaim pada 12 Desember. 

Christin Djuarto, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia mengatakan bahwa kampanye 12.12 Birthday Sale tahun ini merupakan perayaan tahun ke-6 Shopee hadir di tengah masyarakat Indonesia yang juga menjadi momentum penutup festival belanja akhir tahun.

"Melalui kampanye 12.12 tahun ini, kami berupaya menyebarkan kebahagiaan kepada semua pengguna dengan ragam penawaran belanja terbaik serta meningkatkan visibilitas bagi para mitra brand serta pelaku usaha lokal di Indonesia," ujar Christin dalam siaran resminya dikutip pada Selasa.

Christin juga mengatakan bahwa 2021 telah menjadi tahun percepatan digitalisasi. Dia berharap pada 2022 bisa lebih banyak membantu pembeli, pelaku usaha serta komunitas untuk mendapatkan keuntungan dan dampak positif dari platform e-commerce Shopee.

Baca juga: Shopee Creative and Innovation Hub resmi hadir di Solo

Baca juga: Shopee Fashion Week 2021 berlangsung hingga 3 Desember


Pencapaian 12.12 Birthday Sale di Indonesia

Setelah dihadirkan selama 28 hari dengan rangkaian penawaran menarik antara lain seperti Tanam ShopeePay 12M, Gratis Ongkir XTRA Lebih Banyak dan Pasti Diskon 50%, kesuksesan Shopee 12.12 Birthday Sale juga dirasakan di Indonesia.

Festival akhir tahun ini tidak hanya memberikan ragam penawaran serta hiburan interaktif untuk pengguna, tetapi juga diinisiasi guna merangkul lebih banyak pelaku usaha khususnya lokal dalam mengembangkan bisnis nya di ranah digital.

Antusiasme pelaku usaha lokal

Potensi serta tren produk lokal terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Tahun ini, Shopee mendukung lebih banyak pelaku usaha lokal untuk memasuki dan mengembangkan bisnis mereka dalam ranah digital.

Shopee 12.12 Birthday Sale membawa dampak positif khususnya dalam meningkatkan visibilitas pelaku usaha lokal dari berbagai kategori.

Ragam produk UMKM yang dihadirkan serta rangkaian penawaran menarik dapat dimanfaatkan pengguna untuk memenuhi kebutuhan harian. Kali ini, Perawatan & Kecantikan, Muslim Fashion dan Perlengkapan Rumah menjadi kategori UMKM terfavorit pengguna.

Pencapaian Shopee hingga saat ini tidak luput dari kolaborasi dan dukungan dari mitra brand, mitra penjual dan berbagai pihak. Sebagai bagian dari upaya untuk memberikan semangat dan harapan bagi para pelaku usaha lokal, Shopee memberikan apresiasi melalui Shopee Super Awards 2021.

Tahun ini, terdapat nominasi kategori spesial seperti UMKM dan Mitra Brand Lokal, pemenang yang telah diumumkan dalam Shopee 12.12 Birthday Sale TV Show diberikan kepada Aerostreet Official Shop sebagai Super Favorite Brand.

Super Local Favorite Brand yang dibawa pulang oleh Bening's Official Shop, Super Growing F&B Merchant yang dimenangkan oleh Kopi Janji Jiwa dan Super Inspiring UMKM Seller yang berhasil didapat oleh Pollenzo Official Shop.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap pengguna, Shopee menghadirkan pengalaman yang menarik dan unik bagi pengguna mulai dari kemudahan metode pembayaran, hiburan tanpa henti, penampilan selebriti, permainan hingga hadiah menarik.

Metode pembayaran ShopeePay semakin diandalkan untuk memenuhi kebutuhan harian pengguna. Pada tanggal 12 Desember saja, jumlah top up saldo ShopeePay yang dilakukan oleh para pengguna mencapai hingga lebih dari 5 juta kali.


Baca juga: Shopee bantu program "Medan Bersih"

Baca juga: Dua jam pertama Shopee 12.12, produk terjual meningkat 13 kali lipat

Baca juga: Gibran yakin fasilitas Shopee bawa dampak positif di Solo Technopark

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021