Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad meraih penghargaan pimpinan DPR terpopuler dalam acara Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP) Award 2021.

Konsultan KWP Awards 2021 Pangi Syarwi Chaniago menjelaskan alasan Sufmi Dasco Ahmad layak mendapatkan kategori tersebut.

"Mudah diwawancarai dan dihubungi teman-teman media, khususnya di bawah Koordinatoriat Wartawan Parlemen," kata Pangi dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Kamis.

Acara yang mengusung tema "Koordinatoriat Wartawan Parlemen Dukung DPR RI Menjadi Parlemen Modern" itu berlangsung di Media Center DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (15/12).

Baca juga: Said Abdullah meraih penghargaan Ketua AKD Responsif dan Inovatif

Selain itu, kata Pangi, Dasco juga memiliki pemahaman yang mumpuni ketika diwawancarai media. Menurutnya, Dasco selalu merespons dengan detil isu terkini dalam lingkup lokal maupun nasional.

"Interaktif dan responsif serta menguasai atau mengetahui isu terkini yang diajukan media," ucap analis Voxpol Centre tersebut.

Alasan lainnya Dasco dianggap terpopuler, kata Pangi, di antara pimpinan DPR lainnya, Dasco menjadi tempat untuk mengonfirmasi sejumlah isu. Ia mengatakan mudahnya Dasco berkomunikasi dengan wartawan menjadi salah satu penilaian tim KWP Award 2021.

Baca juga: Gus Muhaimin raih penghargaan pimpinan DPR humanis dan demokratis

"Pak Dasco adalah pimpinan DPR yang menjadi acuan untuk untuk mengonfirmasi berbagai macam isu oleh media massa (wartawan)," kata Pangi.

Adapun sejumlah legislator yang mendapat penghargaan KWP Award 2021, yaitu Ketua DPR Puan Maharani (pimpinan DPR srikandi inspiratif), Sufmi Dasco Ahmad (pimpinan DPR terpopuler), Muhaimin Iskandar (pimpinan DPR humanis dan demokratis), Rachmat Gobel (pimpinan DPR aspiratif), Said Abdullah (Ketua Alat Kelengkapan Dewan/AKD responsif dan inovatif), Masinton Pasaribu (legislator tervokal).

Selanjutnya, Ahmad Sahroni (legislator ter-"update"), Herman Khaeron (legislator demokratis), Irwan (legislator pendatang baru teraktif), Syaiful Huda (legislator humanis dan peduli isu pendidikan), Arteria Dahlan (legislator kontroversial), dan Agung Budi Santoso (pimpinan AKD terpopuler).

Baca juga: Ibas raih penghargaan legislator teraspiratif di KWP Award 2021

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021