Beijing (ANTARA) - Artis kenamaan China-Amerika Wang Leehom ditinggal sejumlah sponsornya setelah aibnya dibongkar mantan istrinya, Li Jinglei.

Infiniti, produsen kendaraan mewah dari Jepang, Sabtu dini hari mengumumkan rencana penangguhan kerja sama dengan Wang.

Infiniti menjadi perusahaan pertama yang mengambil sikap, beberapa jam setelah mantan istri penyanyi, penulis lagu, dan aktor tersebut mengunggah tulisan di media sosial pada Jumat (17/12) malam.

Readboy, produk pengajaran berbasis elektronik asal China, juga memutuskan penghentian kerja sama dengan aktor kelahiran New York, Amerika Serikat, 45 tahun silam itu.

Chow Tsai Seng Jewellery Co menyatakan tidak lagi memperpanjang kontrak dengan Wang setelah kesepakatan kerja samanya berakhir pada 30 November tahun ini.

Di akun Sina Weibo atau Twitter ala China, Li mengunggah tulisan bahwa mantan suaminya itu pernah berselingkuh, mengalihkan aset keluarga, dan menjalin hubungan asmara dengan perempuan bersuami sehingga memaksanya untuk bercerai.

Unggahan Li menjadi topik hangat bahkan hingga Jumat malam telah mendapat tanggapan "suka" sebanyak 6,61 juta kali.

Baca juga: Dua pesohor internet China didenda jutaan yuan

Ribuan warganet di China turut meramaikan diskusi dengan beragam candaan tentang pria yang memiliki tiga anak hasil perkawinannya dengan Li tersebut.

Sejak mengawali debutnya pada 1995, Wang telah berhasil merebut banyak penggemar karena wajahnya yang rupawan, musik yang inovatif, dan mampu mengangkat citra produk yang didukungnya.

Wang saat ini tinggal di Taiwan dan pernah bermain beberapa film, di antaranya Little Big Soldier karya Jackie Chan.

Di akun Facebooknya pada Rabu (15/12), Wang mengonfirmasi gugatan cerainya setelah delapan tahun berumah tangga dengan Li.

Sejak November, otoritas China telah mengeluarkan daftar terkait artis yang memiliki catatan negatif dan berperilaku buruk.

Asosiasi Artis Hiburan China juga memublikasikan beberapa nama artis yang penampilannya telah dihapus dari kanal medsos, di antaranya Kris Wu yang ditahan atas tuduhan perkosaan, aktris Zheng Shuang (dituduh menggelapkan pajak), aktor Zhang Zhehan (mempromosikan kuil Jepang Yasukuni), dan pianis Li Yundi (ditahan atas kasus prostitusi).  

Baca juga: Asosiasi artis China larang kerja sama dengan pianis Li Yundi

Baca juga: Nama aktris miliarder China Zhao Wei hilang dari peredaran


 

Kaum muda China hidupkan kembali mode pakaian Hanfu

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2021