kesetiakawanan dan semangat kegotongroyongan masyarakat di Provinsi Kepulauan Babel relatif baik dan sejahtera
Pangkalpinang (ANTARA) - Menteri Sosial Tri Rismaharini menyatakan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dapat dijadikan contoh bagi provinsi lainnya dalam menjaga semangat gotong royong, dalam menghadapi dan menyelesaikan permasalahan sosial.

"Tali silahturahmi,kebersamaan dan gotong royong harus dijaga seperti semangat-semangat di Babel ini," katanya saat menghadiri puncak peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) ke-64 di Pangkalpinang, Senin.

Ia menilai kesetiakawanan dan semangat kegotongroyongan masyarakat di Provinsi Kepulauan Babel relatif baik dan sejahtera. Hanya memang ada permasalahan dampak "global warming" karena Babel merupakan provinsi kepulauan.

"Babel harus memperkuat ketahanan untuk menyelesaikan masalah-masalah dampak 'global warming' seperti bencana banjir rob, angin puting beliung dan sebagainya," katanya.

Menurut dia peringatan HKSN ke-64 tahun 2021 ini mengambil tema “Perkokoh Solidaritas Sosial Indonesia Sejahterah" yang secara umum dapat dimaknai bahwa di tengah pandemi COVID 19, perlu dijalin solidaritas memperkuat ketahanan sosial.

"Tahun ini, kesetiakawanan dipandang sebagai modal sosial mewujudkan Indonesia tangguh dan Indonesia tumbuh. HKSN juga diharapkan dapat memperkuat integrasi sosial, berkomitmen memecahkan tantangan bersama, menuju Indonesia Sejahtera," katanya.

Puncak peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) digelar di Lapangan Kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Acara berlangsung dengan audiens terbatas untuk mematuhi protokol kesehatan.

Pada kegiatan ini diisi dengan sejumlah agenda di antaranya, penyerahan pataka Kesetiakawanan Sosial, penganugerahan Satya Lencana Kesetiakawanan Sosial. Pada lokasi yang sama, juga digelar pameran Kesejahteraan Sosial Nasional (KSN). 

Baca juga: Menteri Sosial hadiri puncak HKSN di Babel

Baca juga: Mensos resmikan 25 rumah layak huni di Bangka Barat

Baca juga: Mensos ajak warga jaga semangat gotong royong


Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan gelar gerakan sosial penyandang disabilitas

Pewarta: Aprionis
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021