Musyawarah nasional ini semoga dapat memberi manfaat dan IOA siap berkontribusi dan berjalan seiring dengan pemerintah
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Indonesia Olympian Association (IOA) Yayuk Basuki menyatakan siap mendukung implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) demi mencapai target prestasi di ajang Olimpiade.

Hal itu disampaikan Yayuk dalam pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) Indonesia Olympian Association (IOA) ke-5 2021, Jakarta, Selasa.

Yayuk, mantan petenis nasional yang pernah tampil dalam empat edisi Olimpiade itu, juga mengatakan siap berjalan beriringan dengan pemerintah demi memajukan olahraga di Tanah Air.

“Musyawarah nasional ini semoga dapat memberi manfaat dan IOA siap berkontribusi dan berjalan seiring dengan pemerintah. Saya mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Menpora Zainudin Amali yang sudah melahirkan DBON sebagai pedoman untuk masa depan olahraga Indonesia,” kata Yayuk dilansir laman resmi Kemenpora di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Menpora berharap Olimpian turut sukseskan DBON

Sementara itu, Zainudin berharap para Olimpian Indonesia dapat turut menyukseskan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 tentang DBON.

Pasalnya, peran dan masukan dari para Olimpian, lanjut dia, sangat penting demi menunjang prestasi olahraga nasional di berbagai kejuaraan, terutama Olimpiade, yang menjadi sasaran utama Indonesia.

“Pemerintah membutuhkan kontribusi, masukan, dan pemikiran dari para mantan atlet Olimpiade. Para mantan atlet Olimpiade tentu telah membuat sejarah melalui prestasi yang diciptakan,” ujar dia.

Ia menambahkan bahwa masukan dari mantan atlet Olimpiade juga akan sangat berharga guna memetakan permasalahan yang ada, terutama dalam meningkatkan prestasi cabang olahraga yang menjadi prioritas dalam DBON.

“Kita berdiskusi untuk memetakan permasalahan yang ada dari hulu hingga hilir,” katanya.

“Kemudian, cabang olahraga yang masuk dalam DBON ini harus bisa berprestasi. Kami menerapkan promosi dan degradasi. Target-target ini bisa kita capai asal kita kerja sama dan jalan bersama,” tambah dia.

Baca juga: Olimpian dukung DBON dengan asa prestasi atlet meningkat di Olimpiade
 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021