Ketika ada kebutuhan, Baguna bisa bergerak dalam satu rampak barisan.
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri meminta Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) tanggap darurat, bereaksi cepat, dan tepat sasaran ketika terjadi bencana di Tanah Air.

Pernyataan Megawati itu disampaikan Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto ketika apel kesiapsiagaan bencana sekaligus menyerahkan bantuan perahu karet kepada DPC Baguna di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Rabu.

"Ketika ada kebutuhan, Baguna bisa bergerak dalam satu rampak barisan," kata Hasto.

Menurut Hasto, pesan Megawati itu agar Baguna untuk selalu siap sedia membangun kemampuan profesional, kemampuan teknis di dalam menyelamatkan rakyat, dan turun bergerak dengan penuh rasa kemanusiaan serta rasa cinta kepada rakyat.

Hasto mengatakan bahwa Ketua Umum Megawati memerintahkan kadernya untuk memberikan dukungan kepada Baguna.

Oleh karena itu, DPP PDIP juga menyiapkan perahu karet, di samping memesan perahu dari plastik yang juga dilengkapi dengan motor sehingga lincah bergerak dan membantu rakyat.

"Infrastrukturnya akan kami siapkan. Kami punya kendaraan boks untuk membawa makanan dari dapur umum yang dimasak oleh Baguna," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya juga punya ambulans yang masuk ke gang-gang sempit.

"Kadang-kadang Jakarta ini 'kan gangnya sangat sempit untuk membawa orang maka kami siapkan. Kami juga siapkan kendaraan untuk membawa air bersih. Di gudang banyak khusus logistik Baguna PDIP," kata Hasto.

Menurut dia, air bersih sangat penting bagi pengungsi untuk memasak hingga mencuci seperti yang menjadi masalah pada korban terdampak bencana gempa di Gunung Semeru.

Oleh karena itu, lanjut Hasto, DPP PDIP menyiapkan satu kendaraan truk yang di dalamnya ada mesin cuci dilengkapi genset untuk membantu rakyat di pengungsian.

"Kami punya dua kendaraan truk yang setiap saat bisa menjadi dapur umum. Jadi, ketika ada korban, truk kami kirim dan sudah didesain mampu masuk ke pesawat Hercules. Sekali memasak untuk 300 orang dan masakan Baguna luar biasa enaknya," tuturnya.

Megawati, kata dia, mengharapkan Baguna menjadi wajah PDIP untuk hadir sekaligus menolong rakyat pada masa-masa sulit.

DPP PDIP juga menyiapkan kader-kader Baguna yang militan dan taktis untuk membantu rakyat yang terdampak bencana.

"Infrastruktur Baguna terus-menerus diperkuat. Maka, untuk saudara-saudara yang sudah dilatih, siap sedia," kata Hasto.

Dalam acara apel tersebut, hadir Ketua DPP Bidang Sosial dan Penanggunlangan Bencana PDIP Ribka Tjiptaning, Wasekjen Sadarestuwati, dan Kepala Baguna Pusat Max Ruland Boseke.

Baca juga: Periset: Elektabilitas PDIP dan PSI unggul di DKI karena kritik Anies

Baca juga: PDIP serahkan perahu karet dan ambulans ke Baguna

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021