Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) menargetkan wakil Indonesia dapat meraih lima emas dalam Pesta Olahraga Asia Tenggara SEA Games yang akan dihelat pada 12-23 Mei 2022 di Hanoi, Vietnam, setelah mengalami penundaan karena pandmei COVID-19.

Sekretaris Jenderal PBESI, Frengky Ong, mengatakan telah melakukan sejumlah langkah, yakni menggandeng Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan Indonesia eSports Association (IESPA), untuk mencapai beberapa target, yang salah satunya adalah raihan lima emas dalam SEA Games Vietnam.

"Kita sudah bekerja sama dengan KOI dan juga dengan IESPA, kita akan membentuk satu badan tim nasional dan untuk kuota kita mempunyai beberapa target, salah satunya targetnya kita inginkan setinggi-tingginya kita targetkan lima emas untuk kita capai di SEA Games ini," ujar Frengky dalam temu media di Jakarta, Rabu.

Baca juga: PBESI umumkan desain besar, bakal gelar Esports Summit Indonesia 2022

Usai pembentukan badan tim nasional, Frengky mengungkapkan PBESI juga akan menjalankan pelatnas yang dimulai pada Januari, yang akan didahului oleh penyaringan atlet dengan program penyaringan yang akan diumumkan kemudian.

Sementara itu, beberapa waktu lalu panitia SEA Games Vietnam telah mengumumkan 40 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam multi event olahraga dua tahunan tersebut, termasuk di dalamnya esport dengan 10 event di dalamnya.

Pada Maret lalu, Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Vietnam telah mengumumkan bahwa esport akan menjadi ajang perebutan medali di SEA Games dengan delapan game yang akan dipertandingkan dalam 10 nomor cabang olahraga.

Baca juga: Piala Presiden Esports 2021 telah lahirkan empat juara baru
Baca juga: Sebanyak 200 atlet siap bertanding dalam final Piala Presiden Esports

Berikut 10 cabang olahraga esports yang akan dipertandingkan dalam SEA Games ke-31 di Vietnam.

1. League of Legends: Quick War (League of Legends: Wild Rift - Mobile) - (Tim Putra)
2. League of Legends: Quick War (League of Legends: Wild Rift -Mobile) - (Tim putri)
3. Arena of Valor (mobile) - (Tim)
4. PUBG Mobile (Tim)
5. PUBG Mobile (Personal)
6. Free Fire (mobile) - (Tim)
7. League of Legends (PC) - (Tim)
8. FIFA 4 (PC) - (Tim)
9. Crossfire - (PC) - (Tim)
10. Mobile Legends: Bang Bang - (Tim)

SEA Games ke-30 yang digelar di Filipina pada 2019 telah mengikutsertakan esport dalam perebutan medali dengan enam cabang olahraga, yaitu Mobile Legends: Bang Bang, Arena of Valor, Dota 2, Starcraft II, Tekken 7 dan Hearthstone.

Sebelumnya, esport juga telah dimainkan dalam Asian Games 2018 sebagai pertandingan ekshibisi.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021