Brussels (ANTARA News) - Uni Eropa mengumpulkan dana 4,75 miliar euro (6,7 miliar dolar AS) untuk Portugal melalui penerbitan obligasi baru, Rabu, sementara IMF memberikan dana darurat tahap pertamanya sebagai bagian dari bailout bersama 78 miliar euro.

Dana Uni Eropa akan dikirim ke Portugal pada 1 Juni, demikian Komisi Erop, sehari setelah penerbitan obligasi pertama yang menghimpun 1,75 miliar euro untuk Lisbon dan 3,0 miliar euro untuk Irlandia, negara zona euro lainnya yang mendapat dana talangan.

Di Lisbon, Portugal Departemen Keuangan mengatakan telah menerima 6,1 miliar euro dari IMF sebagai tahap pertama dari porsi bailout pemberi pinjaman internasional.

Jumat lalu, IMF memformalkan pinjaman 26 miliar euro kepada Lisbon dan disalurakn dalam tiga tahun sebagai bagian dari keseluruhan 78 miliar euro bailout Uni Eropa-IMF.

Pinjaman ini akan membuat Portugal cukup likuiditas sejalan dengan tujuan program negara itu, kata eksekutif Uni Eropa.

Irlandia dan Portugal telah berkomitmen untuk memotong defisit publik sebagai imbal balik dari dana talangan besar mereka yang diberikan kepada mereka setelah kedua negara ini tersedot ke dalam krisis utang tanpa henti yang telah mengguncang zona euro tahun lalu.

Pekan lalu, 27 negara Uni Eropa dan blok 17-negara zona euro mengatakan akan menghimpun 15,3 miliar euro untuk kedua negara pada 15 Juli lewat serangkaian penerbitan obligasi melalui mekanisme penyelamatan keuangan.

Komisi Eropa sedang menggalang dana atas nama negara-negara Uni Eropa yang mengambil porsi sepertiga dari 67,5 miliar euro penyelamatan Irlandia yang telah disepakati Desember lalu dan bailout Portugal yang telah disetujui bulan ini.

Negara zona euro menyediakan sepertiga lainnya melalui Fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa (European Financial Stability Facility) untuk menopang negara yang dalam kesulitan setelah bailout besar untuk Yunani. Sisanya disediakan IMF.

A026/A027

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011