Denpasar (ANTARA News) - Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) Azis Samsuddin mengharapkan, pemuda menjadi garda terdepan dalam pembangunan bangsa.

"Saya harapkan pemuda mampu beradaptasi dengan situasi kekinian, karena pemuda adalah tulang punggung kemajuan bangsa," katanya di Denpasar, Sabtu.

Pada acara pembukaan Musyawarah Provinsi (Musprov) XII KNPI itu, ia mengatakan, semangat pemuda yang telah dicetuskan dalam Sumpah Pemuda 1928 tersebut hendaknya terus digelorakan untuk menyatukan visi menuju bangsa yang lebih baik.

"Sebagai pemuda harus bersatu mengisi pembangunan bangsa. Dari kaderisasi KNPI inilah kita bersama-sama membangun untuk kemajuan negeri dengan kegiatan di berbagai sektor," ucap Azis yang juga anggota DPR RI itu.

Menyinggung kepemimpinan KNPI Bali, Aziz mengatakan, siapa pun berhak mencalonkan diri menjadi ketua, asalkan mereka memenuhi persyaratan yang telah ditentukan dalam tata tertib maupun anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) KNPI.

"KNPI adalah wadah berhimpunnya organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP), karena itu pencalonan ketua KNPI jangan dikaitkan-kaitkan ke partai politik. KNPI harus tetap netral," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Bali Made Mangku Pastika dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Kesatuan, Kebangsaan dan Politik (Kesbangpol) Bali Putu Suardhika mengatakan, Musprov KNPI merupakan mementum untuk evaluasi kegiatan kepemudaan yang telah dilakukan.

Gubernur Mangku Pastika mengharapkan kegiatan ini dijadikan momentum guna meningkatkan kinerja organisasi dalam kiprahnya turutserta sebagai elemen masyarakat untuk pembangunan Bali ke depan.

Berbijak dari itu, kata dia, maka lancar dan suksesnya Musprov KNPI Bali merupakan barometer keberhasilan proses kesinambungan dari organisasi ini.

Mangku Pastika lebih lanjut mengharapkan kepada seluruh peserta musprov agar dapat mencurahkan perhatiannya secara sungguh-sungguh, sehingga forum ini dapat menghasilkan keputusan-keputusan yang bermanfaat bagi anggota dan pembangunan daerah.

"Para pemuda harus menjadi histori yang mau dan mampu menjadi aktor perputaran kemajuan bangsa guna melanjutkan perjalanan bangsa yang telah dirintis oleh para pendahulu," kata Mangku Pastika.

Kegiatan Musprov yang berlangsung sehari ini diikuti oleh DPD KNPI kabupaten/kota dan OKP se-Bali.

Dari pemantauan di arena Musprov KNPI Bali sudah mencuat dua kandidat ketua KNPI periode 2011-2014, yaitu Nyoman Gede Antaguna dan I Gusti Putu Eka Mulyawan.

(I020/I006)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011