Bandarlampung (ANTARA) - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengapresiasi pelaksanaan ibadah malam Natal di Provinsi Lampung yang dilakukan dengan sederhana dan mentaati protokol kesehatan.

"Saat ini kita masih dalam suasana pandemi COVID-19 dan saya mengapresiasi adanya ibadah yang dilakukan secara sederhana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," ujar Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, di Bandarlampung, Jumat.

Ia mengatakan, hal tersebut menjadi salah satu bentuk kontribusi umat beragama dalam menjaga keamanan dan keselamatan dari persebaran COVID-19.

"Saat ini semua tengah berjuang untuk melawan pandemi COVID-19, jadi adanya perayaan Natal ini bisa menjadi inspirasi umat beragama untuk saling menjaga," katanya.

Baca juga: Kapolri pastikan pengamanan optimal perayaan natal-tahun baru

Dia melanjutkan, dengan pelaksanaan perayaan dan ibadah Natal yang penuh suka cita dan tenang kali ini, diharapkan pula dapat terus terlaksana hingga masa mendatang.

"Saya sangat senang umat Kristiani melaksanakan Natal dengan suka cita dan tenang, tidak ada gangguan. Sehingga harapannya di kemudian hari pun akan terus seperti ini," ucapnya.

Ia mengatakan, diharapkan pula penerapan protokol kesehatan di tempat ibadah dapat terus konsisten dilaksanakan oleh seluruh umat beragama.

"Mari kita menjaga keselamatan semua di momen ini, dengan tetap melaksanakan ibadah secara sederhana namun tetap khidmat dan penuh sukacita," katanya.

Menurutnya, dengan semangat persaudaraan dalam perayaan Natal dapat menjadi titik keberangkatan Indonesia menjadi lebih baik.

"Dengan semangat persaudaraan di tengah suka cita Natal dapat menjadi titik keberangkatan kita menjadi lebih baik," ujarnya.

Baca juga: Panglima TNI kerahkan 10.657 personel pengamanan Natal
Baca juga: Menag: Natal menggerakan persaudaraan, perkuat persatuan dan kesatuan

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021