Jakarta (ANTARA) - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Provinsi DKI Jakarta, Achmad Firdaus, dalam keterangan resminya, Senin, menjelaskan rincian bonus yang diberikan untuk atlet peraih medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua.

Menurutnya, setiap atlet yang meraih medali emas perorangan mendapat total bonus Rp350 juta, perak Rp125 juta, dan perunggu mendapat Rp67,5 juta. Jumlah tersebut merupakan gabungan dari tiga sumber. Pertama sesuai dengan Pergub Nomor 1591 Tahun 2018, kedua dari KONI DKI Jakarta, kemudian terakhir merupakan usulan tambahan dari KONI DKI Jakarta.

Berdasarkan Pergub Nomor 1591 Tahun 2018, tercantum peraih emas perorangan untuk level nasional diganjar bonus Rp200 juta, perak sebesar Rp50 juta, dan perunggu Rp30 juta.

Kemudian KONI DKI memberikan tambahan masing-masing Rp100 juta untuk peraih medali emas perorangan, Rp50 juta untuk perak, Rp25 juta untuk perunggu.

Selain itu, Pengprov DKI juga menerima usulan dari KONI DKI untuk menambah nominal bonus untuk peraih emas Rp50 juta, perak Rp25 juta, dan Rp12,5 juta untuk perunggu.

Sementara itu, untuk peraih medali emas berpasangan atau duo, per atlet juga menerima jumlah bonus yang sama dengan peraih medali perorangan baik itu emas, perak, dan perunggu.

Baca juga: Atlet DKI berharap bonus peraih medali PON Papua segera tersalurkan

Adapun untuk peraih medali beregu masing-masing atlet mendapatkan Rp212,5 juta untuk emas, Rp62,5 juta peraih perak, peraih medali perunggu mendapatkan Rp37,5 juta. Jumlah tersebut juga gabungan dari Pemprov DKI, KONI DKI, dan usulan tambahan dari KONI DKI.

Selain atlet, apresiasi juga diberikan kepada pelatih. Bagi pelatih yang atletnya meraih medali emas, menerima Rp140 juta per medali. Jumlah tersebut berasal dari Rp60 juta dari Pemprov DKI, Rp40 juta tali asih dari KONI DKI Jakarta, dan Rp40 juta usulan tambahan dari KONI DKI Jakarta. Bila atletnya meraih lima medali emas, maka berlaku kelipatan (dikalikan dengan jumlah medali).

Sementara, untuk pelatih yang atletnya meraih medali perak menerima Rp70 juta dan medali perunggu menerima Rp35 juta. Jumlah tersebut gabungan dari Pemprov DKI, KONI DKI, dan usulan tambahan dari KONI DKI.

Pelatih untuk atlet ganda/berpasangan yang meraih medali emas, mendapatkan apresiasi sebesar Rp128 juta, medali perak Rp 64juta, dan medali perunggu Rp31 juta.

Kemudian, pelatih beregu yang atletnya meraih medali emas, mendapat Rp155 juta, perak Rp77,5 juta, dan perunggu Rp40 juta.

Baca juga: Atlet PON dari DKI dapat penghargaan pada Hari Sumpah Pemuda

Asisten pelatih yang atletnya meraih medali emas menerima Rp90 juta, dengan rincian dari Pemprov Rp60 juta, tali asih dari KONI DKI Jakarta Rp20 juta, dan usulan tambahan Rp 10 juta.

Disusul perak dengan total menerima Rp45 juta, perunggu Rp27,5 juta setiap keping medali.

Selanjutnya, asisten pelatih yang atletnya meraih medali emas nomor ganda akan menerima sama dengan tunggal, yakni Rp90 juta untuk medali emas, Rp45 juta untuk medali perak, dan Rp27,5 juta untuk medali perunggu.

Adapun asisten pelatih yang atletnya meraih medali emas beregu mendapatkan Rp70 juta, perak Rp35 juta, dan perunggu Rp19,5 juta.

Selanjutnya, bagi atlet yang tidak meraih medali, beserta pelatih dan asisten pelatihnya, akan menerima Rp15 juta, dengan rincian Rp7,5 juta dari Pemprov dan Rp7,5 juta dari tali asih KONI DKI Jakarta.

Untuk cabang olahraga yang menjadi juara umum mendapatkan uang pembinaan berupa tali asih dari KONI DKI Jakarta sebesar Rp150 juta dan ditambah usulan KONI DKI Jakarta sebesar Rp150 juta.

Sehingga, cabang olahraga juara umum akan menerima uang pembinaan Rp300 juta. Jumlah yang diterima atlet yang mengikuti PON Papua sama nilainya dengan yang diterima atlet yang mengikuti Peparnas Papua.

"Dalam rangka mengapresiasi penuh kerja keras para insan olahraga yang ikut terlibat pada event-event tersebut, maka penghargaan yang diterima, pajaknya ditanggung sepenuhnya oleh Pemprov DKI Jakarta,” kata Ahmad Firdaus.

Penyerahan bonus ini secara simbolis telah diserahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Ruang Pola Bappeda, Balai Kota Jakarta, Senin.

"Hari ini menjadi hari yang berbahagia bagi kita semua, menyaksikan atlet kita bisa mendapatkan bekal atas prestasi yang mereka raih. Di balik kerja keras yang luar biasa, kita semua menyaksikan ujung yang membahagiakan, para atlet yang hari ini mendapat apresiasi adalah mereka yang mendapatkan medali,” kata Anies.

Baca juga: Anies Baswedan serahkan bonus peraih medali PON dan Peparnas Papua
Baca juga: NPC DKI Jakarta harapkan Peparnas Papua pacu anak muda jadi atlet

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021