Padang (ANTARA) - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Padang, Sumbar, mengirimkan bantuan truk kemanusiaan yang bermuatan sekitar 5,6 ton berupa logistik untuk korban letusan Gunung Semeru yang terjadi di Lumajang, Jawa Timur.

Kepala Cabang ACT Padang Aan Saputra di Padang, Senin, menyebutkan truk yang bermuatan 5,6 ton bantuan tersebut berisikan bantuan logistik yang dilepas langsung oleh Wali Kota Padang Hendri Septa.

"Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan kolaborasi dari banyak pihak dalam kegiatan sosial ini untuk membantu saudara kita yang ada di Lumajang," ujar dia.

Ia menyebutkan bantuan berasal dari lebih 185 komunitas, organisasi pelajar, mahasiswa, sekolah, masjid, klub mobil, klub motor, driver ojek daring, brand makanan seperti rendang dan semua donatur ACT.

Baca juga: Pemkab Bantul apresiasi bantuan masyarakat untuk korban erupsi Semeru

Baca juga: Bakamla kirim paket bantuan untuk pengungsi letusan Semeru


"Ini merupakan bantuan yang kedua setelah pada Kamis (23/12), lalu ACT Padang kirim satu ton rendang bersama Koperasi Wanita Ikaboga, LKAAM dan PT PNM, di mana bantuan tahap 1 yang lalu di kirim melalui Pesawat Hercules Milik TNI AU RI di Lanud Sutan Sjahrir atas kerjasama dengan TNI AU," ucap dia.

Ia juga mengatakan atas kedermawanan ekspedisi JNE, kali ini bantuan masyarakat Minang telah memulai perjalanan menuju Lumajang, Jawa Timur, hendak sampai langsung kepada para pengungsi korban erupsi Semeru.

Truk kemanusiaan ini melaju dengan membawa logistik berupa beras, biskuit, mie Minangkabau, rendang, tisu, popok bayi, sejumlah pakaian baru, alat menggambar anak, mushaf Al Quran, dan lainnya.

Bantuan berupa logistik tersebut juga berasal dari para dermawan cabang ACT di Regional Sumbagteng, yaitu Cabang Padang, Cabang Payakumbuh, Cabang Solok, Cabang Bukittinggi, Cabang Duri dan Cabang Pekan Baru Riau.

"Semoga truk kemanusiaan ini selamat sampai tujuan, terima kasih sahabat dermawan. Salam kemanusiaan ACT Sumbar," ujar dia.

Di samping itu, Wali Kota Padang Hendri Septa mengucapkan terima kasih kepada masyarakat atas kepedulian mereka kepada para pengungsi korban letusan Semeru di Lumajang.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada ACT dan para donatur serta relawan yang telah bekerja sama membantu saudara-saudara kita korban erupsi Gunung Semeru,” kata dia.

Ia juga mengharapkan semoga bantuan yang diserahkan tersebut dapat meringankan beban para korban letusan Gunung Semeru di Lumajang.*

Baca juga: Pemkot Solok serahkan 1 ton rendang untuk korban erupsi Gunung Semeru

Baca juga: ACT Padang kirim bantuan satu ton rendang untuk korban letusan Semeru

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021