Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Rabu (29/12), mulai dari pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PBNU yang baru Yahya Cholil Staquf sampai deklarasi relawan mengusung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai calon presiden pada pemilihan umum 2024.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA:

1. Presiden Jokowi terima Ketua Umum PBNU Gus Yahya di Bogor

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) terpilih K.H. Yahya Cholil Staquf atau akrab disapa Gus Yahya, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu.

Gus Yahya datang untuk melaporkan hasil Muktamar Ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) yang berlangsung pada 22-24 Desember 2021 di Lampung.

Selengkapnya baca di sini.

2. Pemerintah putuskan akan tampung pengungsi Rohingya

Pemerintah Indonesia atas nama kemanusiaan memutuskan akan menampung pengungsi Rohingya yang saat ini terapung-apung di atas kapal di lautan dekat Kabupaten Bireuen, Aceh.

"Keputusan ini dibuat setelah mempertimbangkan kondisi darurat yang dialami pengungsi di atas kapal tersebut," kata Deputi Bidang Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Kemenko Polhukam, Irjen Pol Armed Wijaya dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

3. PPP mendukung hentikan diskriminasi difabel

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mendukung dihentikannya perilaku diskriminasi kepada kaum difabel, setelah viral petugas keamanan melarang masuk seorang difabel dengan kursi roda ke area Ring Road Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.

"Saya sangat menyayangkan hal itu (diskriminasi) bisa terjadi kepada seorang penyandang difabel yang menggunakan kursi roda di Stadion GBK sebagai tempat fasilitas publik," ujar Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPP Nadia Hasna Humaira, di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

4. AJI mendesak DPR dan Pemerintah hapus pasal bermasalah RUU ITE

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia mendesak DPR dan Pemerintah untuk menghapus pasal-pasal bermasalah dalam Rancangan Undang-Undang (UU) Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

"Sejumlah pasal-pasal bermasalah dalam RUU ITE mengancam kebebasan pers," kata Sekjen AJI Indonesia Ika Ningtyas dalam laporan catatan akhir tahun AJI Indonesia, di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

5. Relawan Kebangsaan 2024 mendeklarasikan Ridwan Kamil sebagai capres

Sejumlah elemen pemuda di Jawa Barat mendeklarasikan Relawan Kebangsaan 2024 atau RK24 di Kota Bandung, Rabu, sebagai simpul pergerakan masyarakat untuk mendorong dan mendeklarasikan Ridwan Kamil maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024.

"Kami menilai berbagai prestasi yang diraih oleh Ridwan Kamil dari mulai saat menjabat sebagai Wali Kota Bandung hingga menjabat Gubernur Jawa Barat menjadikan alasan bagi kami, RK24 untuk mendorong sosok Ridwan Kamil menjadi calon alternatif pemimpin bangsa," kata penggagas RK24 Asep Komarudin seusai deklarasi.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021