Jakarta (ANTARA) - Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu, terpantau masih beroperasi normal pada liburan Tahun Baru 2022 melayani 673 penumpang hingga pukul 10.00 WIB di tengah kabar revitalisasi yang beredar.

"Ini data sementara sampai pukul 10.00 WIB dan kemungkinan akan terus bertambah sampai data final pada pukul 21.00 WIB," ujar petugas Posko Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 Bandara Halim Perdanakusuma Maulana Hady saat ditemui ANTARA di Jakarta.

Berdasarkan data yang diberikan itu, sebanyak 673 penumpang tersebut meliputi 318 orang dari pintu kedatangan dan 355 di pintu keberangkatan.

Jika dibandingkan dengan data liburan Tahun Baru 2021, berdasarkan data sementara itu, ditemukan penurunan jumlah penumpang sebanyak 3.285 orang, yaitu 3.958 penumpang pada tanggal 2 Januari 2021 menjadi 673 pada tanggal 2 Januari 2022.

Di samping itu, diketahui pula bahwa total penerbangan yang tersedia di Bandara Halim Perdanakusuma, Minggu hingga pukul 10.00 WIB, tercatat 11 penerbangan yang terdiri atas 4 kedatangan dan 7 keberangkatan.

Terkait dengan kabar revitalisasi yang menyebabkan Bandara Halim Perdanakusuma akan ditutup pada tanggal 1 Januari 2022, pihak bandara melalui Angkasa Pura II menyatakan masih akan tetap beroperasi normal sebagaimana yang dibagikan akun Instagram resmi @halimperdanakusumaairport.

"Pada saat ini seluruh operasional penerbangan keberangkatan ataupun kedatangan melalui Bandara Halim Perdanakusuma masih beroperasi dengan normal. Jika ada perubahan operasional keberangkatan ataupun kedatangan, akan disampaikan oleh maskapai terkait maksimal H-1," dikutip dari pemberitahuan pihak Angkasa Pura II yang diunggah dalam Instagram Story @halimperdanakusumaairport, Minggu.

Salah satu penumpang bernama Rina memilih Bandara Halim Perdanakusuma untuk mendapatkan transportasi udara menuju Surabaya tanpa mengetahui adanya kabar revitalisasi.

"Ini mau ke Surabaya menemui keluarga, justru belum tahu kalau ada kabar revitalisasi," ujar Rina kepada ANTARA.

Untuk mengatasi kemungkinan kebingungan yang dialami calon penumpang, seperti yang dialami Rina, pihak bandara pun, kata Maulana Hady, menyarankan mereka untuk memantau akun-akun media sosial resmi Bandara Halim Perdanakusuma.

Kabar terbaru akan selalu dibagikan dalam akun Instagram @halimperdanakusumaairport.

Baca juga: Kemenhub siap revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma

Baca juga: Kemenhub: Bandara Halim Perdanakusuma masih berjalan normal

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022