Perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik
Jakarta (ANTARA) - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan para pegawai di lingkungan kementeriannya agar menjadikan agama sebagai sumber inspirasi penggerak peningkatan daya kreativitas.

"Jadikan agama sebagai inspirasi. Jadikan agama sebagai penggerak yang dapat meningkatkan daya kreativitas," kata Yaqut saat memimpin upacara peringatan HAB Ke-76 Kementerian Agama di kantor Kemenag Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin.

Yaqut juga meminta agar para pegawai menjadikan lima nilai budaya kerja Kemenag yaitu integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, dan keteladanan sebagai sikap.

Ia yakin apabila seluruh pegawai berpegang teguh terhadap lima nilai itu, ASN di Kementerian Agama akan tampil sebagai sosok abdi negara yang luar biasa.

Baca juga: Hari Amal Bakti dan wajah baru Kemenag

Baca juga: Komnas HAM nilai ada penguatan oleh Kemenag terkait kebebasan beragama


"Kelimanya menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi saudara sekalian selaku Pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama," kata dia.

Di sisi lain, Yaqut juga mendorong agar secepatnya dilakukan transformasi layanan umat. Transformasi ini meliputi pelayanan yang cepat dan mudah dilakukan maupun diakses oleh masyarakat.

“Transformasi yang dimaksud meliputi perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur yang mempercepat dan mempermudah kinerja Kementerian Agama dalam memberikan layanan kepada masyarakat," ujar Menag.

Pada peringatan HAB 2022, Yaqut memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 9.310 PNS Kementerian Agama dari 79 Satuan Kerja yang dinilai telah mengabdi tanpa cacat sebagai abdi negara.

Jumlah ini terdiri atas 509 peraih Penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 tahun, sebanyak 2.802 orang untuk masa kerja 20 tahun, dan sebanyak 5.999 PNS Kemenag dengan masa kerja 10 tahun.

Menag juga menyampaikan penghargaan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) bagi Kemenag Kota Salatiga dan MAN Insan Cendekia Serpong Banteng. Lalu menyerahkan secara simbolik SK Guru Besar kepada Prof. Dr. Marzuki (Guru Besar UIN Datokarama Palu) dan Prof. Dr. Ngainun Naim (Guru Besar UIN Sayyid Ali Rahmatyllah Tulungagung).

Usai upacara, Menag melakukan ziarah ke makam beberapa mantan Menteri Agama di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.

Baca juga: Yaqut: ASN Kemenag harus jadi teladan pengamalan AKHLAK

Baca juga: Yaqut minta ASN Kemenag ubah citra agar lebih responsif

 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022