Jakarta (ANTARA) - Mengawali tahun baru 2022, banyak orang yang membuat resolusi untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan terus berkembang.

Namun, kebanyakan orang terlalu fokus pada rencana besar sehingga kadang melupakan hal sederhana yang sebenarnya dapat membawa manfaat besar. Akibatnya, rencana resolusi tahun baru menjadi terasa berat dan mustahil.

Oleh karena itu, ShopeePay melalui keterangannya pada Kamis mengajak Anda untuk lebih peka terhadap empat hal sederhana agar bisa menuai manfaatnya di masa depan.

Baca juga: Psikiater: Tetap berfikir positif saat resolusi tidak tercapai

Maksimalkan internet dan platform yang ada untuk self-development

Terus memiliki semangat belajar merupakan suatu kewajiban bagi pengembangan diri. Anda bisa memaksimalkan internet dan platform daring yang selalu ada di genggaman tangan sebagai sarana edukasi.

Walau terlihat sederhana, namun hal tersebut bisa menjadi jendela pengetahuan kita di masa kini. Ada banyak topik menarik yang bisa Anda pelajari secara mudah untuk mendukung pengembangan diri, mulai dari perencanaan finansial, bahasa asing, hingga teknik bercocok tanam.

Selain itu, banyak pula akun-akun di media sosial mengadakan webinar atau podcast seputar ilmu spesifik dari pembicara yang berpengalaman untuk memperluas dan memperdalam pengetahuan baru di sela-sela aktivitas.

Baca juga: Cara jaga kesehatan finansial sebagai resolusi tahun baru

Kreasikan barang yang tidak terpakai

Salah satu resolusi tahun baru paling populer adalah membereskan rumah untuk mengawali tahun dengan suasana yang lebih segar. Anda bisa memulai dari area kamar dengan menerapkan gaya hidup minimalis.

Lihat kembali barang-barang yang ada di sekitar Anda dan pilah barang-barang yang sudah tidak terpakai. Anda bisa mengasah kreativitas dengan mendaur ulang barang-barang tersebut sehingga kembali memiliki nilai guna. Contohnya, botol yang sudah tidak terpakai bisa diubah menjadi tempat pensil, tempat penyimpanan perhiasan, hingga pot tanaman.

Jika telaten mengerjakannya, kegiatan ini bisa mengurangi pencemaran lingkungan dan bahkan bisa mendatangkan penghasilan tambahan.

Banyak hal menarik yang bisa jadi ide hobi baru

Hampir dua tahun menjalani aktivitas di tengah situasi pandemi membuat banyak orang lebih kreatif untuk memulai hobi baru dari rumah. Jika selama ini rutinitas Anda hanya berkutat di pekerjaan atau kuliah dari rumah, tak ada salahnya di tahun baru ini memulai hobi baru dengan memanfaatkan hal yang ada di sekitar.

Tak hanya sebagai hiburan, menjalankan hobi dapat memberikan dampak positif, seperti menjadi lebih disiplin, mengasah kreativitas, dan menyeimbangkan pola hidup agar dapat bersantai sejenak di tengah aktivitas yang padat.

Jika tertarik memasak, Anda bisa mencoba kreasi resep baru dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di kulkas. Jika Anda memiliki resolusi rajin membaca buku, Anda bisa mengunjungi kedai kopi di sekitar Anda agar bisa membaca buku dengan lebih cozy dan fokus.

Eksplorasi hal menarik dan makanan baru yang ada di sekitar Anda

Lihatlah lingkungan sekitar Anda. Mungkin Anda bisa menemukan kafe atau restoran menarik yang belum pernah Anda coba sebelumnya. Dengan begitu, Anda bisa mencicipi jajanan baru, membeli barang-barang unik, dan bahkan mendukung UMKM lokal.

Tak perlu repot, Anda bisa menemukan merchant baru dengan mudah melalui fitur ShopeePay Sekitarmu di aplikasi Shopee. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati berbagai promo dari merchant-merchant favorit di sekitar Anda agar lebih hemat, sehingga Anda dapat mengalokasikan sisa budget bulanan untuk kebutuhan lainnya.



Baca juga: Tiga pola pikir sederhana sambut tahun baru dengan semangat positif

Baca juga: Mulai bikin resolusi? Ini prediksi fengshui untuk 2022

Baca juga: Pentingnya resolusi tahun baru yang realistis bagi kesehatan mental

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022