Saya sangat berterima kasih kepada Bapak Kapolda Sumbar yang punya ide-ide yang luar biasa.
Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) meluncurkan lomba vaksinasi antarinstansi forkopimda di Sumbar dalam Lomba Sumbar Sadar Vaksin (Sumdarsin) untuk meningkatkan capaian penduduk menjalani vaksinasi COVID-19.

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, di Padang, Sabtu, mengapresiasi Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa yang menginisiasi dan inovasi dalam percepatan vaksinasi COVID-19 melalui kegiatan ini.

"Saya sangat berterima kasih kepada Bapak Kapolda Sumbar yang punya ide-ide yang luar biasa," kata dia.

Menurut dia, lomba Sumdarsin kali ini dilakukan dengan kompetisi antarinstansi di Sumbar sebanyak 105 instansi.

"Alhamdulillah, Kapolda menyediakan hadiah untuk juara satu, juara dua, dan juara tiga berupa mobil dan juga sampai juara harapan. Mudah-mudahan ini bisa menjadikan motivasi instansi, minimal 15.000 orang menjalani vaksin selama 15 hari," kata dia.

Dirinya berharap masing-masing instansi tersebut dapat bergerak maksimal, sehingga capaian vaksinasi di Sumbar akan lebih meningkat kembali.

"Dalam rangka untuk hadirkan "herd immunity" yang harus kita hadirkan untuk masyarakat kita. Mudah-mudahan agenda kita ini berjalan lancar dan maksimal," kata dia.

Panitia Pelaksana Lomba Sumdarsin Karoops Polda Sumbar Kombes Pol Djajuli mengatakan dalam upaya percepatan vaksinasi di Sumbar perlu dilakukan sinergi bersama instansi di lingkungan forkopimda untuk mengerahkan masyarakat agar sadar vaksin.

Capaian vaksinasi Sumbar pada 2021 sebesar 67,99 persen, dan hari ini capaian vaksinasi Sumbar mencapai 68,80 persen.

Selain itu, sisa vaksin Sumbar masih ada sekitar 221.480 dosis yang harus dihabiskan dan jangan sampai kedaluwarsa sehingga terbuang percuma.

"Masyarakat Sumbar masih banyak yang belum tervaksin, dan Kapolda Sumbar memberikan direktif kepada para kapolres jajaran Polda Sumbar untuk mengikuti lomba Sumdarsin antarinstansi se-Provinsi Sumbar serta mengajak seluruh para pemangku kepentingan untuk bersama-sama menyukseskan Sumdarsin salah satunya lewat lomba Sumdarsin se-Propinsi Sumbar ini," kata dia.

Ia mengatakan Kapolda Sumbar menyediakan hadiah total Rp750 juta bagi instansi yang melakukan vaksin terbanyak, untuk juara satu ada hadiah mobil atau uang tunai Rp250 juta, kemudian juara dua mobil atau uang tunai Rp200 juta, dan juara tiga mobil atau Rp150 juta.

Sementara untuk juara harapan satu diberikan hadiah Rp75 juta, harapan dua Rp50 juta, dan juara harapan tiga diberi hadiah uang tunai Rp25 juta.

Lomba Sumdarsin ini diikuti oleh seluruh peserta forkopimda baik di tingkat provinsi, maupun pemerintah kota dan kabupaten yang dimulai pada 8 hingga 22 Januari 2022.
Baca juga: Polda Sumbar terus genjot capaian vaksin melalui Gerakan Sumdarsin

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022