Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengkritisi kenaikan harga bahan pokok, seperti minyak goreng, cabai dan lainnya belakangan ini.
 
"Pak Jokowi, bayangkan, saya kan sering lihat kemarin harga cabai sekian, harga minyak goreng sekian, harga bawang merah sekian. Aneh menurut saya, kok klasik amat ya?" kata Megawati dalam pidato politiknya pada Peringatan HUT Ke-49 PDIP secara daring, di Jakarta, Senin.
 
Menurut dia, Indonesia sudah merdeka 76 tahun, namun permasalahan serupa masih saja terus terjadi. Dia berpendapat ungkapannya itu sebagai auto kritik kepada pemerintah.

Baca juga: Megawati: Turun ke rakyat kerja politik terbaik menangkan Pemilu 2024

Baca juga: PDIP dukung pemerintahan Jokowi-Ma'ruf bangkit dan lewati pandemi
 
"76 tahun merdeka masa sih begitu aja, gimana salahnya, ini auto kritik. Saya juga mengkritik ketika (masih) di DPR," kata Presiden Kelima RI ini.
 
Dia menilai masalah kenaikan bahan pokok telah terjadi sejak dirinya masih menduduki kursi DPR. Megawati pun kerap menanyakan kenaikan itu kepada para petani.
 
"Makanan saya tiap hari, saya musti ke mana itu karena petani petani minta ibu Mega datang, karena kenapa kok harga bawang ini kelihatannya akan jatuh. Karena daerah saya Jawa Tengah. Ya saya lari lah ke Jawa Tengah, saya menanyakan kenapa dan kenapa," katanya.

Baca juga: Megawati: Pemilu 2024 harus dipastikan berjalan demokratis

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022