Target kami Maret ini sudah tertutup
Jakarta (ANTARA) - PT KAI Daop 1 Jakarta segera menutup jalur perlintasan kereta api sebidang di Jalan Bungur Besar 17 atau dekat dengan Stasiun Kemayoran, Jakarta Pusat, pada Maret 2022.

"Target kami Maret ini sudah tertutup jalan perlintasan sebidang kereta api," kata Executive Vice President PT KAI Daop 1 Jakarta, Suryawan Putra saat melakukan peninjauan bersama Pemerintah Kota Jakarta Pusat di Jalan Bungur Besar, Gunung Sahari Selatan, Jakarta Pusat, Senin.

Suryawan menjelaskan kendaraan roda dua ataupun lebih tidak bisa melewati jalan penyeberangan itu yang selama ini menjadi alternatif selain Jalan Garuda.

Menurut dia, penutupan ini sebagai bentuk mengurangi kecelakaan di pintu perlintasan kereta api sebidang.

Selain itu, KAI juga tengah melakukan pengembangan di Stasiun Manggarai, sehingga volume perjalanan kereta api akan bertambah.

Baca juga: Dishub kaji rencana uji coba penutupan perlintasan sebidang Jakarta

"Jalur perlintasan sebidang ini terlalu dekat dengan jalan perlintasan kereta di Jalan Garuda. Makanya ini untuk menekan terjadinya kecelakaan karena frekuensi jumlah kereta yang melintas akan bertambah," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi mengatakan pada prinsipnya, pihaknya mendukung penutupan jalur sebidang tersebut asalkan melalui kajian dan sosialisasi kepada masyarakat.

Jika nantinya ada penolakan dari warga, Pemkot Jakarta Pusat bersama tokoh masyarakat dan warga sekitar akan melakukan pendekatan secara persuasif dan humanis.

"Nantinya kita adakan pertemuan di kecamatan bersama tokoh masyarakat dan warga agar mereka mengetahuinya. Jangan sampai, ada masyarakat yang tidak mengetahuinya," tegasnya.

Irwandi berharap, sosialisasi dilakukan secara masif ke seluruh jajaran RT, RW, LMK dan FKDM agar penutupan perlintasan kereta api ini berjalan dengan baik.

Baca juga: Perlintasan sebidang di Jakarta akan ditutup bertahap
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022