Bandarlampung (ANTARA) - Universitas Lampung (Unila) menyiapkan 10 ribu kuota bagi calon mahasiswa baru pada tahun akademik 2022/2023 yang tersebar di 61 program studi (prodi) untuk jenjang sarjana dan 11 prodi diploma.

"Kami berkomitmen untuk bisa menerima 10 ribu calon mahasiswa pada 61 prodi sarjana dan 11 prodi diploma," kata Rektor Unila Prof Dr Karomani di Bandarlampung, Rabu.

Baca juga: Wali Kota Bandarlampung dapat penghargaan dari Unila

Baca juga: Universitas Lampung raih dua rekor MURI


Dia menyebut pada tahun 2022, Universitas Lampung akan menerima mahasiswa baru melalui berbagai jalur penerimaan, seperti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN) dan jalur mandiri.

Ia berharap informasi dan sosialisasi terkait penerimaan mahasiswa baru di Unila dapat menjadi kabar berharga bagi pihak sekolah, siswa maupun orang tua.

Rektor mengatakan di era digitalisasi, proses seleksi calon mahasiswa baru di PTN akan dikembangkan sesuai perkembangan teknologi informasi dan siber, serta tuntutan masyarakat terhadap keluaran pendidikan tinggi yang kompeten.

"Masyarakat sekarang membutuhkan model tes dan seleksi yang mengacu pada prinsip-prinsip kenyamanan, fleksibel, dan berkualitas," ujarnya.

Namun, lanjutnya, peningkatan kualitas proses seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri (PTN) telah menjadi kebutuhan dan kebijakan nasional.

"Diharapkan upaya peningkatan kualitas dalam proses seleksi ini bisa mendapatkan calon mahasiswa yang memiliki kemampuan dan potensi," kata dia.

Baca juga: FISIP Unila gelar konferensi internasional multidisiplin

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022