Menjelang Tahun Batru, harga telur ayam naik sampai Rp32.000 per kilogram. Kini sudah turun
Jakarta (ANTARA) - Harga telur ayam negeri di Pasar Slipi Jakarta Barat mulai menurun pada pekan kedua Januari 2022, menjadi Rp 26.000 per kilogram.

"Menjelang Tahun Batru, harga telur ayam naik sampai Rp32.000 per kilogram. Kini sudah turun lagi," kata seorang pedagang di Pasar Slipi, Jakarta Barat, Syawal, di Jakarta, Rabu.

Syawal menduga turunnya harga telur ayam negeri karena permintaan dari masyarakat yang mulai menurun, sedangkan produksi di peternakan tinggi. Kondisi tersebut berbanding terbalik dengan situasi menjelang tahun baru di mana produksi telur rendah tapi permintaan meningkat.

Syawal mengatakan, pada Januari ini harga terlur menurun secara bertahap dan kemungkinan harga telur bisa turun sampai Rp20.000.

"Kemungkinan bisa turun lagi karena dari kemarin turun terus. Bisa sampai ke harga semula Rp20.000 per kilogram," jelas dia.

Namun, meskipun harga telur ayam negeri menurun, tapi harga minyak goreng kemasan masih tinggi, yakni Rp42.000 per dua liter. "Harha minyak goreng kemasan belum turun sejak menjelang Tahun Baru 2022," katanya.

Sedangkan untuk harga minyak kemasan seberat satu liter Rp21.000. Syawal berharap, harga minyak goreng kemasan bisa turun seperti harga telur ayam negeri.

Baca juga: Harga telur ayam murah ada di 15 pasar di DKI Jakarta
Baca juga: Harga telur ayam di Jakbar turun di tengah meroketnya minyak goreng

 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2022