Jakarta (ANTARA) - Serial Netflix asal Korea Selatan “Squid Game” berhasil mendapatkan empat nominasi di Screen Actors Guild (SAG) Awards, menjadikannya serial TV non-bahasa Inggris pertama yang masuk nominasi di ajang penghargaan besar di Hollywood ini.

Dikutip dari Yonhap pada Kamis, keempat nominasi itu antara lain, penampilan terbaik aktor laki-laki serial televisi, penampilan terbaik aktris serial televisi, penampilan terbaik serial televisi, dan pemeran pengganti terbaik serial televisi.

Untuk SAG Awards tahun ini, “Squid Game” akan bersaing untuk penghargaan utama SAG Awards bersaing dengan serial “The Handmaid's Tale”, “The Morning Show”, “Succession”, dan “Yellowstone”.

Baca juga: Cerita Gong Yoo soal "The Silent Sea" hingga debut 20 tahun

Lee Jung-jae termasuk di antara lima kandidat untuk aktor terbaik, yang lain termasuk Brian Cox, Kieran Culkin, dan Jeremy Strong dari “Succession” serta Billy Crudup dari “The Morning Show”.

Dalam kategori aktris terbaik, Jung Ho-yeun akan bersaing dengan Jennifer Aniston dan Reese Witherspoon dari “The Morning Show”, Elisabeth Moss dari “The Handmaid's Tale”, dan Sarah Snook dari “Succession”.

Daftar nominasi itu diumumkan oleh organisasi SAG‐American Federation of Television and Radio Artists (AFTRA) pada Rabu (12/1) waktu setempat. Upacara penghargaan untuk edisi ke-28 dijadwalkan berlangsung pada 27 Februari.

Pada 2020, sutradara Bong Joon-ho yang membuat “Parasite” dianugerahi trofi ensambel terbaik di SAG Awards dalam kategori film. Tahun lalu, aktris veteran Youn Yuh-jung memenangkan SAG Awards sebagai aktris pendukung terbaik untuk perannya dalam film “Minari”.

Disutradarai dan ditulis oleh Hwang Dong-hyuk, serial “Squid Game” menjadi acara TV paling sukses dalam sejarah Netflix dengan lebih dari 1,65 miliar jam penayangan dalam empat minggu pertama setelah dirilis pada 17 September.

Serial berbahasa Korea tersebut telah diakui oleh berbagai penghargaan bergengsi di Amerika Serikat, termasuk di Gotham Awards pada November tahun lalu.

Awal pekan ini, pemeran pendukung O Yeong-su menjadi aktor Korea Selatan pertama yang membawa pulang penghargaan kategori aktor pendukung TV terbaik di Golden Globes tahun ini.

Baca juga: O Yeong-su jadi aktor pendukung televisi terbaik Golden Globe 2022

Baca juga: Oh Young-soo dan sutradara "Squid Game" juga absen di Golden Globes

Baca juga: Lee Jung Jae tak akan hadiri Golden Globes 2022, kenapa?

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022