Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) membeli sepatu berwarna merah dengan kombinasi kain tenun sundawa hasil produksi UMKM Sentosa Sasak Tenun dari Desa Pringgasela di Bazaar Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis.

Ibu Negara Iriana Jokowi yang turut mendampingi Presiden, juga membeli dua buah tas berbahan rumput ketak hasil produksi UMKM Mawar Ketak Lombok di bazaar tersebut, sebagaimana keterangan dari Biro Pers Sekretariat Presiden.

Di bazaar itu, Presiden dan Ibu Negara juga menghampiri beberapa gerai produk perhiasan mutiara, dan kain tenun.

Selanjutnya, Presiden turut memberikan bantuan tunai secara langsung kepada beberapa penjual produk UMKM, salah satunya kepada penjual kain tenun dari Desa Sade.

Bazaar Mandalika merupakan sebuah kawasan UMKM yang menjadi wadah atau sarana berkumpulnya pelaku usaha mikro dan kecil sekitar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Bazar tersebut akan menjadi destinasi wisata baru bagi para wisatawan yang berkunjung ke Mandalika.

Selain itu, keberadaan Bazaar Mandalika ini akan menjadi pusat lokasi perdagangan kecil di Kawasan Mandalika. Saat ini, sebanyak 287 UMKM telah mengisi gerai di Bazaar Mandalika yang terdiri atas usaha kuliner, kecil, dan mikro.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah, dan Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022 Hadi Tjahjanto.

Baca juga: Presiden Jokowi minta Holding BUMN Pariwisata harus gesit dan lincah

Baca juga: Jokowi dan Ibu Negara nikmati pemandangan dari Bukit 360 Mandalika


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022