Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menilai Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) bekerja sangat hati-hati dalam proses pembahasan RUU tersebut.

"Kalau menurut saya, Pansus RUU IKN kerja sampai malam ya, sehingga pembahasannya juga cukup hati-hati," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat.

Dia menjelaskan, bukti kehati-hatian DPR bersama pemerintah membahas RUU IKN terlihat dalam proses penyusunan dan pembahasan RUU tersebut.

Baca juga: DPR RI putuskan RUU TPKS dibahas di Badan Legislasi

Menurut dia, dalam proses tersebut terjadi dinamika seperti perdebatan, ketidaksesuaian dan ketidaksepakatan dalam pengambilan keputusan namun akhirnya ditemukan solusi terbaik.

"Buktinya ada ketidaksesuaian dan ketidaksepakatan lalu kemudian dibahas dan kemudian ditemukan solusi. Itu berjalan sesuai mekanisme yang ada dan kami monitor," ujarnya.

Dasco menilai terkait adanya persepsi pembahasan substansi RUU IKN yang bolak-balik karena akan dibahas kembali di tingkat Panitia Kerja (Panja), Pansus sudah menjalankan mekanisme yang berlaku.

Dia menilai langkah Pansus tersebut sudah sesuai mekanisme untuk mencari solusi-solusi atas kebuntuan saat pembahasan RUU IKN.

Baca juga: Buruh demo, jalan di depan Gedung DPR RI tersendat 1 kilometer
Baca juga: Anggota DPR: Pembahasan RUU IKN harus petakan potensi konflik


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022