Tarakan (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mulai mendistribusikan dan melanjutkan vaksinasi dosis ketiga yaitu vaksin penguat (booster) COVID-19 yang dilaksanakan di Gedung Gabungan Dinas di Tanjung Selor, Bulungan, Selasa.

"Tidak ada batasan jumlah vaksin yang akan diberikan pada tahap ini," kata Juru bicara Satuan Tugas COVID Kaltara Agust Suwandy.

Kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan selama dua hari ini ditujukan bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tenaga kontrak yang ada di lingkungan Pemprov Kaltara.

Vaksin dosis ketiga ini memang menjadi program yang saat ini tengah digalakkan oleh pemerintah pusat dan ASN dan Tenaga Kontrak menjadi sasaran pertama di awal tahun 2022.

Baca juga: Gubernur Kaltara minta tim vaksinasi masuk ke daerah sulit dijangkau

Baca juga: Lantamal XIII gelar vaksinasi COVID-19 sasar transmigran di Kaltara


"Kalau dari jumlah vaksin tidak ada yang kita batasi dan stoknya mencukupi, jadi selain stok di kabupaten, stok vaksin di Provinsi juga cukup banyak tersedia jadi sekarang sistem penjadwalan saja dan bertahap,” kata Agust.

Dia juga menjelaskan efek yang dialami oleh penerima vaksin penguat akan sedikit lebih kuat dari vaksin dosis pertama dan kedua.

"Dalam pemberian vaksin penguat ini memang sedikit lebih terasa efeknya, tapi hanya sebatas pegel saja di tangan dan demam ringan, makanya kami sarankan setelah vaksinasi baiknya istirahat dulu dan tidak beraktivitas berat,” kata Agust.

Sementara, mengenai syarat bagi penerima vaksin penguat ini yang pertama penerima harus berusia di atas 18 tahun yang kedua telah menyelesaikan vaksinasi dosis pertama dan vaksin dosis kedua dengan jarak selama enam bulan.*

Baca juga: Warga maritim-pesisir di Tarakan-Kaltara divaksinasi Lantamal XIII

Baca juga: Gubernur Kaltara: Belum ada vaksin, manusia hidup bersama COVID-19

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022